Macam Dan Jenis Senyawa Organik Yang Berada Di Dalam Tubuh

Senyawa kimia yang terdapat pada makhluk hidup biasa dikenal dengan senyawa organik, dikarena hubungan senyawa tersebut dengan organisme. Senyawa organik, adalah senyawa yang berkaitan dengan proses kehidupan,

contohnya adalah subyek kimia organik. Dari berbagai jenis senyawa organik, terdapat empat kategori utama yang dapat ditemukan pada semua mahluk hidup, yaitu: Karbohidrat, lipid, protein, dan juga asam nukleat.

t-65

  1. Karbohidrat

Peran dari karbohidrat sendiri, untuk penyimpanan energy dalam tubuh. Glukosa adalah suatu molekul gula sederhana yang penting bagi tubuh.

Karbohidrat termasuk sebagai rantai panjang molekul gula yang terdiri dari ratusan ataupun ribuan monosakarida yang terikat bersama untuk membentuk polisakarida. Anda dapat mendapatkan kandungan karbohidrat dari nasi, jagung, roti, sayur-sayuran dan jugabuah-buahan, untuk menambahkan energy pada tubuh.

  1. Lipid

Lipid adalah suatu jenis molekul seperti lemak, minyak, dan juga lilin.Lipid yang paling umum adalah, lemak dan juga minyak. Salah satu hal yang terpenting dari lipid adalah, sebagai pembentuk membrane pelindung untuk bagian terluar pada sel.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lipid yaitu, minyak zaitun, mentega, minyak tumbuh-tumbuhan, lemak yang terdapat pada hewan, dan juga minyak canola.

  1. Protein

Protein adalah suatu molekul yang memiliki berbagai macam fungsi yang berbeda-beda pada makhluk hidup. Seluruh protein dibuat dari monomer yang disebut dengan asam amino, dan yang saling terhubung.

Molekul yang penting dalam tubuh adalah protein, contohnya adalah, enzim, serat otot dan juga antibodi. Anda dapat mendapatkan kandungan protein dari beberapa sumber tanaman, seperti kacang-kacangan, susu, telur, dan juga daging.

  1. Asam nukleat

Asam nukleat merupakan beberapa unit-unit kecil, yang biasa disebut dengan nukleotida. Dari setiap nukleotida berisi molekul dari karbohidrat, gugus fosfat, dan juga molekul nitrogen.

Organisme yang hidup memiliki dua buah asam nukleat yang penting, yaitu asam deoksiribonukleat, atau DNA.Dan yang lainnya adalah, ribonucleic acid, atau juga disebut RNA.

Baca Artikel Lainnya :

DNA dan RNA memiliki kandungan yang berbeda satu sama lain. DNA mengandung deoksiribosa karbohidrat dan basa timin, sedangan RNA memiliki kandungan ribose dan urasil.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *