Macam-Macam Bakteri yang Merugikan Manusia

Bakteri merupakan organisme mikroskopis atau organisme yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Beberapa jenis bakteri memang dapat menguntungkan manusia atau mahluk hidup lainnya.

Akan tetapi sebagian besar justru merugikan untuk manusia. Hal ini dikarenakan bakteri-bakteri tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Berikut beberapa bakteri yang merugikan bagi manusia dan mengapa bakteri tersebut merugikan bagi manusia.

p 104

  1. Vibrio cholerae

Merupakan nama ilmiah untuk jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kolera. Penyakit ini terjadi karena aktivitas manusia dalam menggunakan air yang kurang higienis dan sanitasi yang buruk. Bahkan wabah kolera sempat melanda daratan eropa sekitar awal abad ke 19 yang menewaskan hampir satu juta jiwa.

  1. Pasteurellapestis

Adalah nama lain dari bakteri Yersinia pestis yang menyebabkan penyakit pes. Bakteri ini biasanya dapat ditemukan pada hewan seperti tikus, anjing, dan kucing. Penyakit ini ditandai dengan adanya pendarahan yang terjadi dibawah kulit yang dengan mudah dapat menular.

Sehingga para penderitanya biasanya diisolasi dan akan meninggal dalam waktu 3 hingga 5 hari. Wabah pes terbesar sepanjang sejarah terjadi di Eropa awal abad 14 yang menewaskan puluhan ribu jiwa terutama dinegara Inggris.

  1. Treponemapallidum

Merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit sifilis. Penyakit ini biasanya menyerang bagian organ vital penderitanya.

Penularan penyakit ini biasanya melalui hubungan seksual secara langsung, bergonta-ganti pasangan, dan juga dapat ditularkan kepada janin dari ibu yang menderita penyakit tersebut. Penyakit ini biasanya menyerang para perilaku seks bebas.

  1. Mycobacterium leprae

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit hansen atau kusta akan tetapi, orang-orang lebih mengenal dengan sebutan lepra. Bakteri ini memiliki nama ilmiah lain yaitu Basillus hansen karena ditemukan oleh Hansen seorang sarjana dari Norwegia sekitar tahun 1873.

  1. Mycobacterium tubercolusis

Bakteri menyebabkan penyakit TBC, yakni penyakit yang menyerang penderitanya dengan sangat mudah.

Baca Artikel Lainnya :

Penderitanya di tandai dengan batuk-batuk yang lama dan sulit berhenti, serta berkeringat pada malam hari. Bahkan WHO mengungkapkan bahwa penyakit ini menjadi satu penyakit yang sulit dihilangkan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *