Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya

Sel saraf pada manusia terdiri dari berbagai bagian yang sangat penting dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Salah satu bagian tersebut adalah neuron.

Neuron merupakan suatu bagian khusus yang terdapat pada sel-sel otak dan sumsum tulang belakang yang ada pada manusia. Neuron dibedakan menjadi berbagai jenis berdasarkan klasifikasi masing-masing. Diantaranya dibedakan berdasarkan, seperti berikut ini:

q 139

  • Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan jenis bentuknya, neuron dibagi menjadi empat macam yaitu:

  1. Unipolar, merupakan neuron yang banyak terdapat pada mahluk invertebrate. Karakteristik neuron ini antara lain, terdapat perpanjangan primer berupa dendrit dan akson.
  2. Bipolar, merupakan neuron yang mempunyai akson yang dapat bertransmisi dari badan sel menuju sel saraf pusat yakni sumsum tulang belakang dan otak. Neuron jenis ini banyak ditemukan pada sel indera, seperti hidung, telinga, dan mata.
  3. Pseudo-unipolar, merupakan neuron yang hamper mirip dengan neuron unipolar karena sama-sama mempunyai akson akan tetapi tidak mempunyai dendrit yang sejati. Neuron ini akan berperan penting untuk merangsang sensor berupa sentuhan, tekan dan rasa sakit pada kulit.
  4. Multipolar, merupakan jenis neuron yang dapat ditemui secara umum pada mahluk vertebrata. Neuron inilah yang sering kita amati dalam pelajaran-pelajaran disekolah. Termasuk jenis neuron yang terlengkap karena terdapat akson, badan sel, dan dendrit.
  • Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan jenis fungsinya, neuron dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Sensorik, merupakan neuron yang biasanya digunakan untuk memperoleh informasi dari indera seperti mata, hidung, lidah, kulit, dan telinga. Neuron jenis ini akan mengumpulkan informasi dari alat indera tersebut yang selanjutnya akan dibawa pada proses selanjutnya baik menuju otak maupun menuju sumsum tulang belakang.
  2. Motorik, merupakan neuron yang digunakan untuk mengirimkan sinyal yang berada pada otak dan sumsum tulang belakang menuju bagian-bagian lain pada tubuh untuk menjalankan fungsinya.
  3. Interneuron, merupakan bagian neuron yang berfungsi sebagai penghubung antar neuron. Yang biasanya berupa akson-akson. Yang akan saling terhubung untuk menjalankan fungsinya.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah pembahasan sekilas jenis-jenis neuron dan fungsinya. Sejatinya, neuron merupakan bagian yang sangat vital pada saraf-saraf pusat. Baik sumsum tulang belakang maupun pada otak.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *