Macam-macam Keanekaragaman Hayati

Macam-macam Keanekaragaman Hayati – Seperti yang kita tahu, terdapat berbagai jenis keanekaragaman hayati di dunia ini. Keanekaragaman hayati tersebut meliputi aneka hewan dan tumbuhan yang sangat bervariasi. Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia.

a

Hasil penelitian menyatakan bahwa 10% jenis tumbuhan di seluruh dunia dan sekitar 12% mamalia hidup di Indonesia. Begitu pula spesies hewan seperti amfibi, kupu-kupu dan berbagai hewan lainnya yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Karena itulah pelestarian makhluk hidup harus selalu diupayakan.

Keanekaragaman hayati tingkat gen

Merupakan keanekaragaman yang dapat terjadi pada makhluk hidup yang merupakan satu spesies. Sebagai contoh, berbagai jenis ayam kampung memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, mulai dari warna bulu, bentuk jengger hingga ukuran tubuhnya.

Perbedaan tersebut disebabkan karena adanya perbedaan genotip dan fenotip diantara masing-masing spesies tersebut. Begitu pula yang terjadi pada tanaman padi yang mempunyai karakter aroma, rasa dan kualitas yang berbeda berdasarkan varietas gen masing-masing. Perbedaan tersebut membuat keanekaragaman hayati semakin bervariasi dan berbeda satu sama lain.

Keanekaragaman hayati tingkat jenis

Keanekaragaman hayati berdasarkan tingkat jenis lebih mudah diperhatikan daripada keanekaragaman hayati berdasarkan spesies. Sebab, keanekaragaman hayati memiliki perbedaan yang lebih spesifik dan mudah diamati berdasarkan ciri-cirinya. Sebagai contoh, singa dan harimau memiliki perbedaan berdasarkan bentuk tubuh, corak dan warna rambut yang menunjukkan bahwa jenis hewan tersebut berbeda satu sama lain. Hal yang sama bisa dilihat dari aneka tumbuhan berdasarkan ukuran daun, bentuk bunga, batang, biji, buah dan lain sebagainya.

Keanekaragaman ekosistem

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ada dua komponen pembentuk ekosistem, yaitu komponen biotik atau makhluk hidup dan komponen abiotik seperti tanah, air, udara dan komponen lingkungan lainnya. Ekosistem secara garis besar dibagi menjadi 2 bagian, yaitu darat dan perairan. Adapula cakupan dari kedua ekosistem di dunia ini yang disebut bioma, antara lain:

  • Bioma gurun atau padang pasir.
  • Bioma padang rumput atau savanna.
  • Bioma hutan hujan tropis.
  • Bioma hutan gugur.
  • Bioma taiga.
  • Bioma tundra.

Ekosistem perairan dibagi berdasarkan aliran airnya, meliputi ekosistem perairan mengalir atau lotik dan ekosistem tidak mengalir alias lentik. Sedangkan berdasarkan sanitasinya, ekosistem perairan dibagi menjadi ekosistem air tawar dan air laut.

Manfaat keanekaragaman hayati

  1. Keanekaragaman hewan dimanfaatkan sebagai sumber makanan, bernilai ekonomis dan dijadikan sebagai tenaga transportasi ataupun membajak sawah.
  2. Keanekaragaman tumbuhan dimanfaatkan sebagai makanan pokok, obat herbal dan kebutuhan lainnya.
  3. Keanekaragaman mikroorganisme untuk membuat aneka makanan olahan.

Keanekaragaman hayati di Indonesia juga saat ini dimanfaatkan sebagai hutan lindung, suaka marga satwa, taman nasional dan berbagai tempat wisata untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang tersedia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *