Macam-Macam Mineral dan Fungsinya

Pengertian Mineral

Mineral merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk mendukung proses tumbuh dan berkembang dalam jumlah sedikit atau kecil.

Mineral mengandung komposisi unsur murni dan garam sederhana yang sangat kompleks dalam beberapa macam bentuk hingga ribuan bentuk. Dalam macam-macam mineral yang akan kita bahas akan disajikan juga dengan tambahan pengertian, fungsi, dan sumber-sumber mineral tersebut.

s 66

Fungsi Mineral

Kebutuhan manusia akan mineral sangatlah bervariasi dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya tergantung dengan umur, jenis kelamin, kesehatan, dan kondisi fisiologis kita.

Mineral memiliki nilai biologis yang tinggi bagi kehidupan kita, mempertahankan fungsi struktural dan fisiologis, mencegah turunnya kondisi kesehatan, serta mencegah defisiensi. Selain itu, mineral masih memiliki banyak fungsi.

Macam-Macam Mineral dan Fungsinya

Berikut macam-macam mineral yang perlu kita ketahui;

  • Kalsium (Ca);

Kalsium atau disebut juga dengan zat kapur adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh kita dan paling banyak digunakan atau dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan tubuh akan kalsium berbeda-beda sesuai dengan umur dan kondisi fisiologis kita.

Kalsium berfungsi untuk bahan utama membentuk tulang, kontraksi, hingga membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka. Kita dapat menemukan kalsium pada makanan yang banyak mengandung zat kapur seperti susu, telur, dan kentang.

  • Fosfor (P); Selain Kalsium, Fosfor merupakan salah satu bahan untuk pembentukan tulang dan juga berperan dalam berbagai reaksi kimia di dalam tubuh seperti mengatur kinerja enzim. Kita dapat menemukan fosfor pada telur, daging, dan susu.
  • Zat Besi (Fe);

Kadar zat besi di dalam tubuh kita tidaklah terlalu banyak yaitu sekitar 0,002 kg pada badan yang memiliki berat sekitar 50kg. mineral jenis ini berfungsi untuk pembentukan hemoglobin atau warna merah pada darah. Kita dapat menemukan zat besi pada telur, sayur-sayuran, dan hati.

  • Yodium;

Yodium merupakan salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk pembentukan hormone tiroksin yang mengatur aktivitas bagian-bagian tubuh dan mengatur kecepatan pertumbuhan kita.

Jika seseorang yang masih muda mengalami kekurangan hormone tiroksin mengakibatkan tubuhnya menjadi kerdil, sedangkan jika seseorang dewasa mengalami kekurangan yodium akan mengakibatkan pembengkakan gondok.

Kita dapat menemukan yodium pada makanan yang mengandung yodium seperti ikan-ikan laut, tiram, dan kerang.

  • Natrium (Na) dan Klorin (Ci);

Penggabungan antara natrium dan klorin akan membentuk senyawa yang dikenal dengan garam dapur (NaCi). Di dalam tubuh kita, natrium berfungsi untuk mengatur detak jantung dan membantu proses perambatan impuls saraf.

Sedangkan klorin merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam lambung, karena klorin adalah komponen penyusun asam lambung atau asam klorida (HCI).

Sehingga, fungsi natrium dan klorin berfungsi adalah untuk memelihara keseimbangan cairan pada tubuh. Kita dapat menemukan natrium dan klorin pada garam dapur, daging, ikan, dan telur.

Baca Artikel Lainnya :

  • Zeng (Zn);

Zeng merupakan mineral yang berperan dalam metabolisme protein, menjaga kesehatan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, mineral jenis ini juga berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin pada kandungan bagi wanita yang sedang hamil. Kita dapat menemukan zeng pada susu, daging, ikan, dan hati.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *