Macam-macam Penyakit Endemik

Macam-macam Penyakit Endemik – Penyakit endemik sering kita jumpai dalam masyarakat, menjadi wabah penyakit pada suatu tempat. Berikut macam-macam penyakit endemik yang berada dalam masyarakt sekitar kita:

foto

Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue atau lebih dikenal dengan DBD terjadi karena infeksi gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang membawa virus Dengue dari para penderita demam berdarah.

Malaria

Malaria terjadi karena infeksi gigitan nyamuk Anopheles betina yaitu infeksi protozoa. Biasanya para penderita akan mengngalami meriang berhari – hari. Penyakit malaria dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Tertiana

Penderita akan mengalami demam pada hari ketiga karena plasmodium vivax.

  • Quartana

Penderita akan mengalami demam pada hari keempat karena plasmodium malariae.

  • serebal

Penderita akan mengalami demam secara tidak teratur yang mengakibatkan koma bahkan mati mendadak karena plasmodium falciparum

  • pernisiosa

Penderita akan mengalami koma yang mirip stroke karena plasmodium vivax

Demam Tifoid

Demam Tifoid atau lebih dikenal dengan penyakit tifus terjadi karena bakteri Salmonella typhi yang ditularkan melalui kotoran manusia (Feses), makanan (Food), lalat (Fly) yang disingkat dengan 3F. Para penderita tifus harus di rawat dan diobati untuk menyembuhkan dan menghilangkan bakteri.

Chikungunya

Chikungunya disebabkan oleh virus CHIKV (chikungunya) keluarga Togaviridae genus alphavirus yang di bawa oleh nyamuk Aedes aegypty atau Aedes albopictus.

Filariasis (Kaki Gajah)

Kaki gajah disebabkan oleh cacing filaria yaitu Brugian tintori, Wuchereria Bancrofti dan Brugia malayi yang disebarkan oleh genus Culex, Aedes, Anopheles, Arnigeres, dan Mansonia, jika ditotal ada 23 spesies nyamuk. DEC atau Dietilkarbamasin merupakan obat kaki gajah yang ampuh, murah dan aman.

Tuberkulosis (TBC)

Penyakit TBC terjadi karena bakteri Mycobacterium tuberkulosis, Mycobacterium africanum atau Mycobacterium bovis yang ditularkan oleh penderita tbc melalui udara ketika batuk. Para penderita diwajibkan untuk meminum obat secara teratur sesuai anjuran dokter.

Diare

Penyakit diare sering terjadi pada masyarakat yang memiliki lingkungan kumuh (kurang bersih). Diare terjadi karena adanya iritasi pada bagian usus besar hingga anus, sehingga ketika buang air besar tinja yang dikeluarkan cair. Penderita disarankan meminum oralit untuk proses penyembuhan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *