Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi

Dalam dunia menulis, terdapat berbagai jenis paragraph dimana masing-masing jenis memiliki pola dalam mengembangkan paragraph tersebut. Salah satu paragraph yang sering dijumpai pembaca yakni paragraph deskripsi.

Secara sederhana, paragraph deskripsi tersebut diartikan sebagai paragraph yang berisi gambaran mengenai suatu hal yang disampaikan dengan terperinci dan jelas.

q 13

Dalam prosesnya, paragraph deskripsi dikembangkan oleh sejumlah pola. Paragraph deskripsi ini memiliki beragam macam pola. Berikut macam-macam pola dalam paragraph deskripsi.

  • Pola Observasi

Pola observasi yaitu penulis melakukan sebuah pengamatan atau penelitian terhadap suatu hal atau objek yang akan disampaikan atau dideskripsikan.

Dengan begitu, pembaca seperti dapat merasakan, melihat maupun mengalami sendiri mengenai objek yang digambarkan.

  • Pola Fokus

Jenis pola pengembangan foku sini dimana paragraph dikembangkan dengan mengutamakan atau menonjolkan suatu bagian objek tertentu yang akan dideskripsikan.

Tujuan dari pola ini agar perhatian pembaca hanya terfokus pada objek utama yang dideskripsikan tersebut. Oleh karena itu, pola ini memilih penggunaan kata atau kalimat yang tepat, jelas dan dapat menarik perhatian pembaca.

  • Pola Spansial

Penggunaan pola pengembangan spansialini yakni paragraph dikembangkan berdasarkan atas ruang dan waktu. Pola ini mendeskripsikan suatu tempat atau ruang secara berurutan, misalnya dari bawah keatas, dari depan kebelakang, dari kiri kekanan, dari timur kebarat, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan deskripsi mengenai waktu juga dikembangkan secara berurutan, yakni misalnya dari pagi, siang, sore hingga malam.

  • Pola Sudut Pandang

Jenis pola ini dimana paragraph deskripsi dikembangkan berdasarkan posisi atau tempat seorang penulis dalam memandang atau memilihat suatu hal. Berbeda dengan pola spansial, pada pola sudut pandang penulis berpatokan pada posisi atau keberadaanya terhadap suatu objek yang dideskripsikannya tersebut.

Dalam menggambarkan suatu keadaan atau tempat, terlebih dahulu penulis mengambil satu posisi tertentu, yang kemudian secara perlahan dan berurutan, penulisan mendeskripsikan setiap benda yang berada di tempat tersebut yang dimulai dari benda terdekat kemudian benda terjauh.

Baca Artikel Lainnya :

Pola ini mengembangkan paragraph deskripsi yang disusun berdasarkan pada tema-tema kecil atau sederhana. Pada setiap tema diwakili dengan satu atau dua buah kalimat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *