Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies dan Contohnya

Dalam kehidupan akan terjadi sebuah interaksi antar mahluk hidup yang satu dengan mahluk hidup lainnya. Interaksi tersebut terjadi karena setiap mahluk hidup akan memerlukan satu sama lain.

Sehingga interaksi tidak dapat dihindari. Interaksi ini terdiri dari berbagai macam jenis muali dari yang bersifat positif atau saling menguntungkan hingga yang bersifat negatif atau saling merugikan.

q 157

Nah, pada setiap interaksi tersebut akan berdampak pada setiap individu masing-masing yang saling melakukan sebuah interaksi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai macam-macam tipe interaksi antar spesies dan contohnya. Check this out!

  1. Mutualisme

Merupakan suatu interaksi antar spesies dimana setiap pihak saling menguntungkan satu sama lain atau tidak ada yang dirugikan. Sebagai contoh dari tipe interaksi jenis ini adalah interaksi antara bakteri Cyanobacteria dan jamur Lichen.

  1. Parasitisme

Merupakan suatu interaksi antar spesies dimana hanya salah satu pihak saj yang diuntungkan, pihak lainnya mengalami kerugian. Pihak yang dirugikan biasanya disebut sebagai inang dari pihak yang diuntungkan. Interaksi ini dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Endoparasit, merupakan interaksi parasitisme secara internal. Contohnya adalah bakteri Tricomonas vaginalis yang parasit pada vagita wanita.
  • Ektoparasit, merupakan interaksi parasitisme secara eksternal. Contohnya adalah tumbuhan tali putri atau Custuta sp yang parasit pada tumbuhan lainnya.
  1. Komensalisme

Merupakan suatu interaksi antar spesies dimana hanya satu pihak saja yang diuntungkan dan pihak lain tidak dirugikan sama sekali. Contohnya adalah interaksi antara tumbuhan paku dengan bunga anggrek yang hidup pada kayu yang telah mati.

  1. Kompetisi

Merupakan suatu interaksi antar spesies dimana antar spesies tersebut saling berkompetisi untuk mendapatkan kebutuhannya masing-masing, sehingga setiap pihak akan saling mencoba untuk menghalangi dan mempertahankan apa yang telah dimilikinya. Ada dua tipe interaksi ini, yaitu:

  • Interspesifik, merupakan persaingan antara organisme yang berbeda spesies. Contohnya rumput dan tanaman jagung yang sama-sama tumbuh pada tempat yang sama.

Baca Artikel Lainnya :

  • Intraspesifik, merupakan persaingan antara organisme pada organisme yang sama spesiesnya. Contohnya kompetisi antar harimau untuk memperebutkan mangsa mereka.
  • Predasi, Merupakan suatu interaksi antar spesies dimana salah satu pihak menjadi pemangsa pihak lainnya. Contohnya adalah predasi antara singa dan mangsanya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *