Maestro Musik Terkenal Indonesia Purwacaraka

Maestro Musik Terkenal Indonesia Purwacaraka – Maestro ini dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan, seorang komponis dan juga seorang musikus ternama. Beliau ini juga merupakan adik dari Tri Utami. Purwacaraka lahir pada tanggal 31 Maret 1960 di Beogard, Negara Yugoslavia. Banyak karya Purwacaraka yang digunakan dalam film film dan juga sinetron di stasiun televisi Indonesia. Karya tersebut bisa berbentuk lagu maupun ilustrasi musik.

purwacaraka

Salah satu karya dari Purwacaraka ini adalah ilustrasi music, diantaranya Si doel anak sekolahan di tahun 1990an. Sampai saat ini karya ilustrasinya masih disukai banyak pemirsa televisi. Purwacaraka juga memiliki sekolah music yaitu Purwacaraka music studio. Saat ini sekolah musiknya telah berkembang hingga memiliki 50 cabang di kota-kota besar Indonesia.

Purwacaraka lahir dari ayah berdarah jawa dan ibu seorang sunda. Purwacaraka telah belajar music sejak masih kecil. Mendapatkan darah music dari sang ayah seorang tentara yang sangat suka music khususnya karena koleksi piringan hitam sang ayah.

Purwacaraka belajar memainkan piano sejak umur tujuh tahun, piano klasik adalah hal yang pertama kali dipelajarinya dari A Becalef. Gurunya ini berasal dari Hongaria namun tinggal di Bandung. Ketika Purwacaraka di sekolah menengah pertama sahabat ayahnya menyarankan Purwacarakan untuk mengembangkan kemampuan usiknya di Amerika. Namun, Purwacaraka tidak mengikuti tawaran tersebut dikarenakan ibunya saat itu kurang berkenan.

Orang tua Purwacaraka menginginkan anaknya untuk memiliki pendidikan formal yang baik akhirnya Purwacaraka masuk jurusan Teknik Industri di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kemudian akhirnya dapat mneyelesaikan studinya dengan nilai yang baik.

Selama melanjutkan pendidikan formal, Purwacaraka tetap melanjutkan belajar bermusik dan Orangtuanya pun tetap mendukungnya, dan akhirnya kemampuan bermusiknya semakin baik. Apalagi saat tahun 1979, Purwacarakan telah bekerja di perusahaan music dan telah melakukan pertunjukan di Malaysia dan Singapura ketika duduk di bangku sekolah menengah atas.

Pada tahun 1981, Purwacaraka menikahi seorang wanita bernama Sri Susanti. Dari pernikahannya ini, pasangan ini mendapatkan tiga orang anak (satu orang putra dan dua orang putri), Aditya Purwa Putra, Andrea Miranda Dwisanti Putri, Amanda Chitarra Utami Putri. Darah seni mengalir di darah ketiga anak pasangan Purwacaraka dan Sri Susanti. Anak pertamanya, Aditya Purwa Putra melanjutkan pendidikannya di sekolah film.

Sedangkan anak kedua dan ketiganya memiliki bakat seperti ayahnya di bidang music. Anak kedua Purwacarakan memiliki cita cita untuk jadi seorang penyanyi broadway.

Pada tanggal 20 November 2007, Andrea Miranda Dwisanti Putri memulai impiannya dengan mengadakan pertunjukan di Gedung Kesenian Jakarta. Anak kedua Purwacaraka ini bersama tida sahabatnya Meliana effendi, Adyuta Abandhika dan Jenna Iriana megelar music hidup bertemakan All The Way Resital yang diiringi music Orkestra Purwacaraka.

Baca juga :Musisi Bergelar Rajanya Dangdut Rhoma Irama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *