Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung dan Arteri

Setiap orang mendambakan kesehatan yang total dan menyeluruh dari tubuhnya. Hal itu wajar saja sebab tubuh yang sehat akan menunjang aktivitas hidup sehari-hari.

Dari sekian banyak organ tubuh yang vital, Jantung merupakan salahsatu yang penting untuk mendapat perhatian serius. Sebagai pusat control darah, jantung berperan sangat vital untuk mendistribusikan asupan nutrisi dan oksigen keseluruh bagian tubuh.

t-68

Di bawah ini ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan arteri Anda.

  • Salmon; Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden dan mackerel adalah jenis ikan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hal itu disebabkan jenis ikan tersebut mengandung omega-3 yang berlimpah dan berkhasiat untuk mengurangi risiko arrhythmia (detak jantung tak teratur) dan atherosclerosis (pertumbuhan plak pada arteri). Maka dari itu pakar kesehatan menyarankan untuk makan jenis ikan tersebut setidaknya dua kali dalam seminggu.

  • Oatmeal; oatmeal sangat mudah untuk ditemui di pasaran. Makanan ini mengandung serat yang begitu berlimpah dan sangat berguna untuk menurunkan kolesterol.

Di dalam tubuh, oatmeal berperan sebagai spons yang berfungsi menyerap kolesterol agar tak terserap kedalam aliran darah. Selain itu, jenis makanan lain yang mengandung gandum utuh sangat baik juga untuk dikonsumsi, seperti roti dan pasta.

  • Buah Berry; Berbagai macam buah berry seperti blueberry dan strawberry sangat baik untuk dikonsumsi tubuh.

Menurut penelitian, seorang wanita usia 25-42 tahun yang rutin mengkonsumsi buah berry dapat menurunkan sekitar 32% kadar serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Beberapa zat baik yang ditemukan dalam jenis buah ini adalah anthocyanins dan flavonoids.

  • Dark Chocolate; Jenis coklat itu sering juga disebut sebagai coklat murni yang mengandung sekitar 60-70% biji kakao.

Penelitian menunjukkan bahwa jenis coklat ini mengandung polyphenols, senyawa yang menjaga tekanan darah, penggumpalan, dan juga peradangan arteri. Namun, senyawa tersebut tidak akan Anda temukan secara optimal dalam batang coklat olahan yang memiliki kadar campuran susu dan gula.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan arteri Anda.Yang mana favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *