Manfaat ASI untuk Pertumbuhan Sang Buah Hati

Seperti yang Anda ketahui, bahwa ASI (Air Susu Ibu) memegang peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati. Begitu banyak manfaat pemberian ASI bagi si kecil, utamanya pada usia 0 – 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Pemberian ASI yang paling dianjurkan pada masa ini adalah ASI ekslusif—yaitu pemberian ASI tanpa makanan pendamping apapun, dengan kata lain 100% murni Air Susu Ibu.

l 22

Berikut ini beberapa manfaat ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda.

1. menstimulasi pembangunan sistem kekebalan tubuh

ASI adalah produk terbaik yang diberikan oleh tubuh ibu secara otomatis kepada buah hati. Zat-zat yang mengalir dalam ASI merupakan zat-zat pilihan terbaik dari tubuh ibu.

Tubuh secara otomatis akan menyaring zat-zat atau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu, kemudian memilah zat terbaik untuk menjadi bahan baku ASI.

Oleh karena itu, apapun yang dimakan ibu, semuanya akan tersalurkan melalui ASI ini.

Pemberian ASI kepada bayi sekaligus juga menyalurkan antibodi pada tubuh bayi. Jadi, antibodi pertama yang diterima bayi adalah berasal dari air susu ibu ini. Antibodi inilah yang membantu bayi untuk bertahan dari serangan berbagai macam penyakit.

2. Sebagai tameng untuk bayi

Pernahkah Anda mendengar bahwa ada bayi yang alergi terhadap suatu produk susu? Tentu pernah bukan?

Ya, memang hal ini terjadi pada beberapa bayi.

Tapi, pernahkah Anda mendengar bayi alergi dengan air susu ibunya? Saya rasa Anda belum pernah mendengarnya, kasusnya pun jarang atau bahkan tidak pernah terjadi.

Kenapa? Karena ASI memang dikonsepkan oleh Yang Maha Kuasa untuk menjadi penyalur pertahanan tubuh pertama serta pelindung bagi bayi.

3. Mencerdaskan sang buah hati

Kandungan dalam ASI sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Cukup hanya dengan mengkonsumsi ASI sampai waktu yang dianjurkan, bayi Anda akan tumbuh dengan cerdas dan sehat.

Namun, perlu Anda ingat bahwa pemberian ASI ini sebaiknya dilakukan sampai usia yang dianjurkan yaitu sampai usia bayi Anda mencapai dua tahun. Tentu saja, anak seusia itu sudah boleh mendapatkan makanan pendamping ASI, jadi Anda tidak perlu takut dan terkejut.

Masa penting dimana Anda sebaiknya hanya memberikan ASI pada si kecil adalah sampai usianya enam bulan, seperti yang dijelaskan tadi.

Baca Artikel Lainnya :

Tentu saja kandungan dalam ASI tetap dipengaruhi oleh apa yang ibu masukkan dalam tubuh ibu. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu lebih bijak dalam memilih konsumsi makanan. Utamakan sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin supaya kandungan zat gizi dalam ASI tetap terjaga untuk si buah hati.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *