Manfaat Buah Nanas

Bila pertama kali mendengar kata buah nanas, tentu yang sering terlintas di benak kita adalah buah yang sering dilarang untuk dikonsumsi pada kondisi-kondisi tertentu, seperti ketika seseorang mengalami kehamilan.

Namun ternyata, selain itu ada banyak sekali manfaat buah nanas yang bisa kita ambil dan rasakan bila mengkonsumsinya secara rutin.

p 99

Ini disebabkan karena kandungan pada buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini, sangat tinggi akan vitamin, mineral dan juga nutrisi yang bisa membantu tubuh memperkuat pertahanan dirinya dari dalam terhadap serangan berbagai bibit penyakit.

Bila Anda mungkin tidak terlalu menyukai konsumsi langsung terhadap buah ini, masih ada cara untuk dapat menjadikan buah ini sebagai asupan rutin. Mulai dari menjadikannya menu minuman yang bervariasi hingga pada penggunaan pada menu masakan yang menarik.

Bahkan saat ini sudah banyak berbagai olahan makanan yang memiliki bahan dasar dari nanas ini, seperti kue, roti dan banyak lagi lainnya. Berikut ini akan disampaikan beberapa kegunaan buah ini yang akan membawa pengaruh positif pada kesehatan tubuh Anda.

Membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh

Tanpa kita sadari, setiap hari kita selalu bersinggungan dengan berbagai radikal bebas di sekitar kita yang bisa memberikan pengaruh buruk pada tingkat kesehatan.

Untuk dapat menangkal hal tersebut, konsumsi secara rutin buah-buahan ini bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi, antioksidan serta flavanoid yang bisa digunakan tubuh untuk membantu melawan berbagai bentuk penyakit yang menyerang tubuh.

Berikut ini beberapa bagian atau organ tubuh yang akan dijaga oleh kandungan dalam sebuah nanas agar tetap dalam kondisi yang prima dalam bermetabolisme, antara lain:

  • Gusi dan gigi, menjadi tempat yang ideal bagi banyak bakteri karena kondisi lingkungannya dan merupakan tempat masuk utama asupan pada tubuh. Kandungan flavanoid, vitamin C serta beberapa antioksidan lain bisa menjaga bagian tubuh ini agar tetap terlindung. Fosfor pada buah ini juga bisa membuat tulang serta gigi jadi tumbuh lebih kuat,
  • Ginjal, yang berfungsi untuk menyaring berbagai “sampah” dalam tubuh juga bisa dijaga kondisinya dengan buah ini karena kandungan kaliumnya bisa digunakan untuk mengatur tekanan darah,
  • Sistem saraf dapat diperkuat dengan kandungan vitamin B1 yang banyak terdapat dalam buah ini,
  • Mata juga bisa dilindungi dari degenerasi makula, dengan kandungan vitamin A dan beta karoten pada buah nanas ini.

Untuk kecantikan tubuh secara alami

Selain digunakan untuk kesehatan, ternyata manfaat buah nanas juga bisa untuk menjaga kecantikan dan penampilan agar tetap menarik.

Disamping bisa digunakan sebagai bahan penutrisi tubuh dari dalam, buah ini juga bisa diolah untuk perawatan luar tubuh yang sederhana namun memiliki efek jangka panjang untuk memperindah tubuh.

Pertama, untuk kekencangan dan elastisitas kulit dimana asam amino serta vitamin C pada buah ini akan membuat sel-sel maupun jaringan pada tubuh lebih mudah memperbaiki diri sendiri.

Treatment yang bisa dilakukan adalah dengan menghancurkan daging buah ini sehingga seperti bubur kemudian digunakan sebagai lulur pada wajah selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan lap wajah hingga kering dengan kain lembut.

Kedua, untuk wanita yang memiliki masalah dengan kapalan atau kulit bersisik pada area kaki. Buah ini juga bisa dijadikan scrub alami yang sangat efektif untuk mengembalikan kelembaban kulit serta mempercepat regenerasi sel-sel kulit hingga akan terlihat mulus kembali.

Caranya juga hampir sama dengan treatment pertama, dimana buah ini diolah hingga berbentuk seperti bubur lalu digosok-gosokan pada bagian tubuh yang diinginkan lalu bilas bersih.

Kulit yang senantiasa bercahaya dan juga terlihat lembab, akan lebih menarik untuk dilihat daripada yang terlihat kering serta kusam.

Nanas yang mengandung aneka vitamin B1 serta vitamin C akan membawa sebuah efek hidrasi pada kulit dengan gangguan tersebut sebagai manfaat selanjutnya. Caranya cukup mudah yaitu:

  • Haluskan hingga berbentuk seperti bubur, tiga buah nanas yang tidak terlalu tua,
  • Tambahkan satu butir kuning telur dan juga susu murni secukupnya lalu aduk hingga merata,
  • Balurkan adonan tersebut pada kulit yang terlihat kering hingga merata lalu diamkan beberapa saat,
  • Cuci dengan air hangat lalu lap dengan kain kering yang lembut.

Bagi wanita yang sangat concern dengan kesehatan bibir, merawat bibir agar tetap terlihat lembab dan tidak kering merupakan suatu kewajiban. Buah nanas ini bisa dijadikan sebagai treatment sederhana namun sangat efektif dalam menjaga kesehatan bibir.

Baca Artikel Lainnya :

Cukup dengan mencampur nanas yang dihaluskan dengan minyak kelapa, kemudian mengoleskannya secara rutin pada bibir, pasti akan membuat keluhan bibir pecah-pecah akan sirna.

Disamping itu, manfaat buah nanas ini juga bisa memberikan kilau dan kelembaban alami pada bibir sehingga bisa terlihat lebih menarik.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *