Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Kita

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Kita – Sirsak merupakan salah satu jenis buah tropis yang dapat hidup subur di Indonesia. Sirsak merupakan salah satu jenis tanaman asli Amerika. Menurut cerita asal muasal buah sirsak yang banyak menjamur di Indonesia karena dibawa oleh orang asing ke Indonesia kemudian ditanam dan tumbuh berkembang.

ssirsakk

Di Indonesia, penyebutan nama buah sirsak sendiri sangat bermacam-macam. Di Jawa dikenal dengan nama nangka landa, di Sunda dikenal dengan nama sirsak, di Madura disebut nangka buris, di Bali terkenal dengan nama srikaya Jawa, sedangkan di Acer disebut bohlona. Sebenarnya masih banyak lagi nama-nama lain yang dipakai untuk menyebut nama buah yang satu ini.

Buah sirsak sendiri terdiri dari beberapa unsur penyusun, diantaranya adalah daging buah sebanyak 67,5 persen, kulit buah sebanyak 20 persen, biji buah sebanyak 8,5 persen, dan yang terakhir inti buah sebanyak 4 persen. Tak heran buah ini banyak disukai karena memang dagingnya sangat banyak.

Buah sirsak sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat, utamanya bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat jika mengonsumsi buah sirsak secara teratur.

1. Mencegah dan Mengobati Kanker
Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang telah banyak memakan korban jiwa. Penyakit yang satu ini sangat ditakuti karena memang penanganannya terbilang sulit. Oleh sebab itu harus dilakukan upaya pencegahan. Salah satu jenis makanan yang dapat digunakan untuk mencegah kanker adalah buah sirsak. Sama seperti buah manggis, sirsak juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah sirsak ini mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan bisa mengakibatkan terjadinya tumor atau kanker. Selain itu buah sirsak juga efektif untuk mengobati penyakit kanker yang telah menyerang tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C pada buah srikaya Jawa ini sangatlah tinggi. Tak heran buah ini efektif digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi buah sirsak secara tertatur bisa membuat tubuh menjadi sehat dan tidak gampang sakit. Bagi orang yang memiliki aktivitas sangat padat dan melelahkan, dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh secara cukup. Selain itu kandungan vitamin C buah sirsak efektif untuk mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi Sembelit
Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi saat tubuh kekurangan asupan serat adalah sembelit. Oleh sebab itu orang yang sedang menderita sembelit sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, utamanya yang banyak mengandung serat seperti buah sirsak. Ya, kandungan serat dalam sirsak sangat tinggi sehingga efektif untuk memperlancar buang air besar.

4. Mengobati Ambien
Buah sirsak juga memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit ambien. Memanfaatkan buah sirsak sebagai obat ambilan terbilang mudah. Caranya adalah dengan meminum air hasil rebusan buah sirsak secara terutur setiap hari.

5. Mengobati Penyakit Liver
Penyakit liver yang biasa dikenal susah untuk disembuhkan, dan biaya untuk mengobatinya mahal ternyata tidak sepenuhnya benar. Karena ternyata ada satu jenis buah yang efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit mematikan tersebut. Buah tersebut adalah sirsak. Buah sirsak dapat digunakan sebagai obat liver dengan cara dibuat jus dan diminum setiap hari secara teratur.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari buah sirsak, utamanya untuk masalah kesehatan dan kecantikan. Yang jelas buah ini sangat baik dikonsumsi karena menyehatkan dan dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *