Manfaat dan Fungsi Akar Wangi Untuk Kesehatan

Manfaat dan Fungsi Akar Wangi Untuk Kesehatan – Akar wangi atau rumput akar wangi merupakan salah satu tanaman asli India. Tanam yang memiliki nama Latin Vetiveria zizanioides, syn. Andropogon zizanoides ini sangat terkenal di seluruh penjuru dunia karena manfaatnya yang sangat banyak.

aws1

Tanaman rumput akar wangi ini bisa memiliki nama akar wangi karena memang akarnya menjadi sumber wangi-wangian. Aroma wangi tersebut sebenarnya berasal dari minyak atsiri yang terkandung dalam akar. Tanaman ini juga masih satu keluarga dengan padi.

Akar wangi bisa tumbuh dengan ketinggian antara 1 hingga 2 meter. Akar wangi juga terkenal sebagai tanaman obat-obatan karena mulai dari batang hingga bunganya memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan.

Ada beberapa zat yang terkandung dalam akar wangi yang baik bagi kesehatan. Zat tersebut diantaranya adalah vetiveron, asam vetivena, vetiverol, dan vetiverol ester. Berikut beberapa manfaat dan fungsi dari tanaman akar wangi bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Rematik
Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak mengancam seseorang yang sudah menginjak usia dewasa. Penyakit ini biasa mengakibatkan rasa nyeri yang berlebihan di bagian persendian tulang. Salah satu jenis obat herbal yang efektif digunakan untuk mengatasi rematik adalah akar wangi. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan akar wangi ke bagian tubuh yang terasa nyeri karena rematik.

2. Mengatasi Encok dan Pegal Linu
Sama seperti obat rematik, akar wangi juga memiliki khasiat mampu mengatasi rasa encok dan pegal linu secara efektif. Cara menggunakan akar wangi sebagai obat encok dan pegal linu adalah dengan menggosok-gosokkannya ke bagian tubuh yang terasa linu.

3. Menghilangkan Bau Mulut
awsTanaman akar wangi juga memiliki manfaat mampu menghilangkan bau mulut yang menyengat. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari akar wangi, daun sirih, pegagan, dan kapulaga kemudian digunakan sebagai obat kumur. Kumur menggunakan ramuan tersebut secara teratur sampai bau mulut hilang dengan sendirinya. Kebiasaan tersebut akan membuat mulut tetap terjaga kesegarannya.

4. Mengobati Luka
Jika terkena luka, ada satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati luka tersebut, yakni dengan memanfaatkan akar wangi. Ya, akar wangi memiliki kemampuan menutup luka dan membuatnya menjadi cepat kering.

5. Mengobati Bengkak
Selain mampu mengobati luka, akar wangi ternyata bisa mengobati bengkak yang terjadi di permukaan kulit. Caranya masih sama, yakni dengan menggosokkan akar wangi ke bagian yang bengkak.

6. Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal
Ramuan yang terbuat dari akar wangi memiliki khasiat dapat mencegah dan mengobati batu ginjal secara alami. Konsumsi ramuan akar wangi bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

7. Menurunkan Panas Demam
Selain itu akar wangi juga diyakini mampu menurunkan panas demam secara efektif. Daripada menggunakan obat yang mengandung bahan kimia dan menimbulkan efek samping, akar wangi bisa dijadikan alternatif obat panas demam yang aman.

8 Menghilangkan Ketombe dan Kutu
Manfaat tersembunyi dari akar wangi adalah mampu menghilangkan ketombe dan membubuh kutu yang bersarang di rambut. Caranya adalah dengan menggunakan akar wangi sebagai shampo. Gunakan secara rutin agar ketombe dan kutu tidak balik lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa ditemukan dari tanaman akar wangi. Tidak akan cukup jika menyebutnya satu per satu. Oke, semoga info mengenai fungsi dan manfaat akar wangi dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *