Manfaat dan Fungsi Hutan bagi Kehidupan

Manfaat dan Fungsi Hutan bagi Kehidupan – Tidak salah jika hutan disebut sebagai paru-paru dunia karena manfaat dan fungsinya yang begitu penting bagi kehidupan yang semuanya akan berdampak kepada manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Apabila hutan kita lestari dan tetap terjaga maka bencana alam juga bisa terhindari tetapi apabila hutan kita rusak maka akan terjadi bencana alam. Apa si manfaat dan fungsi hutan itu? Sebelum mengetahui manfaat serta fungsinya alangkah baiknya kita mengetahui apa definisi hutan.

Untitled

Hutan adalah kumpulan pohon-pohon, tanaman, perdu serta semak belukar yang tumbuh disuatu tempat dan memiliki peran serta fungsi yang penting bagi kehidupan. Jika dilihat dari sudut pandang orang ekonomi bahwa hutan adalah tempat untuk menanam modal jangka panjang yang menguntungkan, biasanya dalam bentuk Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Setiap ilmuwan mempunyai pandangan yang berbeda mengenai definisi hutan. Alhli silvika, mengatakan bahwa hutan adalah suatu kumpulan atau asosiasi tumbuh-tumbuhan terdiri dari pohon-pohon atau vegetasi berkayu dengan areal yang sangat luas. Ahli ekologi mendefinisikan hutan merupakan suatu masyarakat atau kumpulan tumbuh-tumbuhan yang didominasi oleh pohon-pohonan dengan keadaan lingkungan yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya.

Hutan memiliki manfaat yang begitu besar bagi kehidupan yaitu sebagai pengatur tata air, paru-paru dunia serta sebagai pusat kegiatan industri. Hutan merupakan sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan secara positif, manfaat hutan dibagi menjadi dua yaitu manfaat intangible (tidak langsung/tidak nyata) dan manfaat tangible (langsung/nyata). Manfaat langsung yang diperoleh dari hutan adalah kayu serta hasil hutan lainnya sedangkan manfaat tidak langsung yang diperoleh dari hutan adalah pengaturan tata air, rekreasi, pendidikan, kenyamanan lingkungan, udara yang bersih, mencegah terjadinya banjir dan masih banyak lagi. Hasil hutan berupa kayu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia yaitu untuk keperluan kayu perkakas, kayu bakar serts pulp. Hasil hutan non kayu antara lain rotan, kemeyan, sutera alam, kina, kayu putih, gondorukem dan terpentin, dan lain-lain.

Undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan menyatakan bahwa hutan  mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi konservasi, fungsi lindung sertafungsi produksi. Kemudian pemerintah juga menetapkan hutan berdasarkan fungsi pokoknya yaitu hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi. Hutan konservasi adalah kawasan hutan yang mempunyai ciri  khas tertentu untuk melestarikan alam, melestarikan jenis-jenis  flora dan fauna, wisata alam serta keperluan ilmu pengetahuan. Hutan  lindung adalah hutan yang ditujukan untuk perlindungan tata tanah dan air  bagi kawasan di sekitarnya. Sedangkan hutan produksi  adalah hutan yang menghasilkan atau memproduksi kayu dan hasil hutan lainnya  yang dapat mendukung perekonomian negara serta perekonomian masyarakat. Jika ditinjau dari kepentingan sosial ekonomi, hutan berperan sebagai sumber daya. Dengan demikian hutan merupakan salah satu  satu modal pembangunan (baik dari segi produksi hasil hutan atau fungsi plasma nutfah serta penyanggah kehidupan).   Oleh karena itu sumberdaya yang berasal dari hutan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Menurut ekologi, fungsi hutan adalah sebagai penyerap air hujan untuk mencegah terjadinya erosi dan banjir. Ketika hujan air akan diserap oleh tumbuhan atau pohon yang ada di hutan dengan demikian dengan adanya hutan mencegah erosi dan banjir. Ketika musim kering kita tidak akan mengalami kekeringan karena hutan dapat menyimpan air. Hutan juga menghasilkan udara yang bersih sehingga sangat bagus untuk kesehatan kita. Jadi jagalah hutan kita agar tetap lestari, tetap hijau dan jangan dibiarkan dibuka menjadi lahan pertanian, pemukiman maupun perkebunan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *