Manfaat dan Fungsi Keberadaan Tanah

Manfaat dan Fungsi Keberadaan TanahJoko Warino – Bumi yang menjadi tempat hidup makhluk hidup diketahui memiliki beberapa komponen. Salah satunya adalah tanah yang dipijak setiap hari. Tanah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Baik itu kelangsungan hidup hewan, tumbuhan, dan yang paling utama adalah manusia. Mempelajari apa saja manfaat tanah yang bersentuhan dengan kaki kita setiap hari adalah sesuatu yang diperlukan. Karena akan menimbulkan kesadaran pada diri kita untuk menjaga tanah tersebut dengan baik.

t

Jangan mengira jika manfaat tanah hanya sekedar sebagai tempat untuk kaki berpijak. Kandungan zat hara yang dimiliki tanah berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi akar tumbuhan. Yang kemudian buahnya bisa diambil dan dinikmati oleh manusia dan hewan. Tumbuhan juga tidak hanya membutuhkan zat hara saja dari tanah. Ada zat-zat lain yang dihasilkan tanah untuk tumbuhan di antaranya adalah jenis-jenis asam organik, vitamin, hormon yaitu zat untuk mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Selain itu juga mengandung antibiotik untuk mencegah hama. Tanah juga menyediakan tempat hidup untuk biota-biota kecil yang tinggal di dalamnya. (Baca : Klasifikasi Jenis Tanah )

Manfaat tanah berikutnya yaitu tanah mampu mengendalikan air yang jatuh di permukaannya. Tanah menyerap air dan menyimpannya. Ketika manusia dan hewan memerlukannya maka tanah akan mengeluarkan air tersebut untuk tetap menjaga keseimbangan alam. Di samping itu tanah juga mampu memperkecil kemungkinan terjadinya erosi. Benda-benda yang masuk ke tanah juga akan terurai. Misalnya seperti dedaunan yang jatuh dan tertimbun tanah, dalam jangka waktu tertentu akan berubah menjadi pupuk yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Selain daun-daunan, tanah juga menguraikan organisme-organisme yang sudah mati. Apabila hal ini tidak terjadi maka kehidupan mungkin sudah berakhir dari dulu. Jika saja organisme mati itu tidak diuraikan, maka pasti akan berakibat fatal bagi kehidupan. Penyakit akan timbul dari organisme mati tersebut dan dapat menjangkiti siapa saja. Setelah mengetahui besarnya manfaat tanah bagi kehidupan ini. Sudah seharusnya sebagai warga bumi kita harus selalu menjaga tanah dari pencemaran.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *