Manfaat, dan Kandungan Jeruk Nipis

Manfaat, Kandungan, Dan Efek Samping Jeruk Nipis – Buah Jeruk Nipis memiliki bentuk bulat berukuran kecil terbalut kulit berlapis lilin berwarna hijau atau pada Buah Jeruk Lemon memiliki warna kulit kuning cantik yang kaya akan kandungan Vitamin C dan Antioksidan.

Berdasarkan atas penelitian menjelaskan bahwa kandungan Vitamin C di dalam Buah Jeruk Nipis melebihi kandungan Vitamin C yang terdapat pada jenis Jeruk yang lainnya.

Rata – rata Buah Jeruk Nipis mengandung Zat Besi, Fosfor, Sulfur, Kalsium, Mineral, Karbohidrat, Asam Sitrun, Minyak Atsiri, Glikosida, Asam Amino (Lisin dan Triptofan) serta Asam Sitrat.

Berikut ini kami berikan beberapa manfaat Jeruk Nipis juga efek samping yang diberikan.

Kaya akan kandungan Vitamin.

Pada umumnya Buah Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C yang ampuh buat membantu pemenuhan keperluan harian terhadap tubuh Anda secara alami. Dimana diketahui bahwa seorang pria dewasa rata – rata memerlukan sekitar 90 miligram Vitamin C sehari – hari. Sedangkan seorang perempuan dewasa membutuhkan rata – rata sekitar 75 miligram setiap harinya. Sebutir Jeruk Nipis mengandung minimal 50 miligram Vitamin C sehingga mencukupi keperluan Vitamin C setiap hari untuk menu makan / minum Anda setiap hari.

Manfaat dan khasiat lain dari Buah Jeruk Nipis adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan terjadinya proses penuaan dini, mengatasi masalah sembelit dan mencerahkan kulit jika digunakan dalam porsi yang tepat, meningkatkan sistem kemampuan imun ketika cuaca sedang ekstrim, sebagai pembersih alami untuk membantu kelancaran ‘Detoksifikasi’ dan membersihkan tubuh dari racun, menurunkan berat badan, merupakan salah satu buah yang rendah kandungan Kalori, sumber Mineral dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Beberapa Tips Pemanfaatan Buah Jeruk Nipis

Kecantikan dan kesehatan rambut

Buah Jeruk Nipis bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang membandel serta mengurangi produksi minyak pada rambut dalam jumlah yang berlebihan khususnya bagi wanita berhijab. Buah Jeruk Nipis mampu memberikan kesejukan pada kulit kepala secara alami sehingga dapat mengurangi rasa gatal. Caranya adalah ambil sari Buah Jeruk Nipis dengan memeras beberapa butir Buah Jeruk Nipis lalu gosok – gosokkan pada kulit kepala disertai pijit – pijit dengan lembut. Usapkan sisa perasan air Jeruk Nipis secara merata pada kulit kepala sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga dengan cara mencampur air perasan Jeruk Nipis dengan secukupnya Minyak Zaitun, daging Alpukat atau santan lalu dibentuk pasta untuk masker.

Sebagai pelangsing

Membutuhkan 1 s/d 3 butir Jeruk Nipis / sesuai dengan keperluan, kekuatan tubuh dan ‘taste’ Anda, selanjutnya Buah Jeruk Nipis dibelah dua dan peras. Tambahkan segelas air putih bersih ukuran 200 cc / ukuran Gelas Belimbing, gunakan air hangat – hangat kuku atau air es tergantung selera. Lebih dianjurkan memakai air dingin karena awet kandungan Vitamin C dan menyegarkan.

Setelah air Jeruk Nipis dicampur dengan air putih, aduk rata lalu diminum. Kandungan Vitamin C pada Buah Jeruk Nipis akan teroksidasi atau menguap. Apabila sudah menguap maka kandungan Vitamin C mulai berkurang. Jika Anda belum terbiasa karena baru pada tahap awal maka sebaiknya hanya memanfaatkan sebutir Jeruk Nipis saja yang dicampur dengan air bersih. Atau campurkan 1 sdm madu murni / 1 sdt gula putih ke dalamnya dimana ketika diminum akan berpengaruh pada kondisi perut menjadi lebih ringan / mudah beradaptasi. Apabila kondisi tubuh sedang kuat / bugar maka dapat meminum campuran Jeruk Nipis dengan air tanpa ditambah madu / gula.

Konsumsi campuran air Jeruk Nipis tersebut di atas setiap pagi hari setengah jam sebelum sarapan pagi. Jika kondisi tubuh dalam keadaan bugar maka minuman ini dapat diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam satu jam sebelum tidur yang bisa ditambahkan dengan teh hijau. Untuk yang diminum pada waktu pagi hari lakukan setiap hari namun disarankan seminggu diberi jeda satu hari yang berfungsi agar tubuh dengan mudah bisa merangsang lalu meningkatkan antibodi sebagai imun tubuh. Hindari terlalu banyak minum air putih selama menjalani terapi ini agar lemak mudah dengan cepat luruh. Sedangkan untuk keperluan pemenuhan kebutuhan Serat makanan bagi tubuh, anda bisa mengonsumsi sebutir Buah Jeruk Manis per hari. Untuk buah Jeruk berukuran sedang mengandung serat makanan rata – rata 3 Kg dimana jika rasanya semakin asam maka akan semakin banyak mengandung Vitamin C.

Menurunkan Penyakit Panas Demam

Anda dapat memanfaatkan Buah Jeruk Nipis untuk pengobatan Penyakit Panas Demam yang diakibatkan oleh Malaria. Pertama siapkan 3 lembar daun Jeruk Nipis, 3 lembar daun Kendala, dan 5 lembar daun Prasman. Cuci bersih dengan menggunakan air bersih lalu rebus semua daun dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas saja. Tunggu hangat – hangat kuku atau dingin, saring airnya, bagi menjadi 2 bagian untuk diminum pada waktu pagi atau sore hari.

Menjaga kebugaran tubuh

Buat campuran minuman sebagai berikut : sebutir kuning telur Ayam Kampung, air perasan sebutir Buah Jeruk Nipis, dan sedikit irisan gula merah, aduk rata hingga tercampur semua bahan, lalu minum sebanyak satu kali dalam seminggu yang memiliki fungsi untuk menjaga stamina tubuh tetap dalam kondisi bugar.

Mengobati penyakit anyang – anyangan

Sediakan 2 buah Jeruk Nipis, cuci bersih lalu iris dan ambil airnya dengan cara diperas. Beri tambahan berupa gula batu secukupnya saja pada air perasan Jeruk Nipis lalu aduk – aduk dengan rata, selanjutnya seduh dengan air panas dan aduk – aduk sekali lagi. Minum dalam kondisi hangat – hangat kuku sehari sekali selama anda sakit.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *