Manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan kita

Manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan kita – Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah rempah yang sudah sangat terkenal di dunia. Bahkan sejak jaman penjajahan dahulu, para penjajah datang ke Indonesia hanya untuk mencari rempah rempah yang tidak ada di negaranya, salah satunya adalah rempah rempah. Sebenarnya cengkaeh tidak hanya bisa digunakan sebagi bumbu di dapur, selain itu biasanya cengkeh juga biasa digunakan untuk bumbu tembakau pada industri rokok dan masih banyak lagi manfaat cengkeh, terutama bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa khasiat serta manfaat cengkeh untuk kesehatan manusia.

Untitled

  1. Bergizi 

Cengkeh merupakan rempah yang kaya akan nutrisi penting serta vitamin tua, yakni kalsium dan magnesium. Cengkeh juga dapat memasok energi dalam jumlah yang banyak dan mengandung serat makanan.

  1. Antibakteri dan anti jamur 

Secara alami dan efektif cengkeh dapat melawan bakteri, utamanya bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada perut serta kuman pada mulut. Cengkeh juga mengandung zat eugenol yang memiliki sifat anti jamur serta efektik untuk mengobati penyakit kulit yag disebabkan oleh cacing cincin.

  1. Analgesik 

Minyak cengkeh sendiri sudah terbukti dapat mengobati sakit gigi. Baru baru ini sebuah eksperimen telah dapat membuktikan bahwa minyak cengkeh dapat digunakan sebagai analgesik (obat untuk penahan rasa sakit).

  1. Perangsang seksual 

Secara tradisional masih banyak orang yang menganggap bahwa cengkeh memiliki sifat afrodisiak unutuk meningkatkan syahwat. Sebuah peneliitian membuktikan bahwa anggapan tersebut memang benar. Lewat eksperimen juga membuktikan bahwa cengkeh dapat mengatasi ejakulasi dini.

  1. Baik untuk jantung 

Eugenol yang dimiliki oleh cengkeh dapt mencegah terjadinya pembekuan darah serta membantu untuk mencegah stroke. Tapi 2 anggapan ini masih belum bisa dipastikan karena masih diadakan penelitan terkait.

  1. Ramah di perut 

Cebgkeh melupakan makanan yang tergolong baik untuk perut anda. Selain kegunaannya untuk melawan kembung dan borok, cengkeh juga efektif untuk mengatasi mual serta gangguan pencernaan.

  1. Melawan kanker 

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa cengkeh dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker, terutama kanker pada kulit, paru paru serta kanker pada saluran pencernaan.

  1. Pengusir nyamuk 

Banyak orang yang masih tidak mengetahui bahwa cengkeh dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Aroma cengkeh dapat menghalau nyamuk untuk mendekat, oleh karena itu cengkeh sangat baik digunakan di tempat tempat penyebab malaria, demam berdarah, serta penyakit lain yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

  1. Mencegah inflamasi (radang) 

Flavanoid, adalah salah satu kandungan yang ditemukan pada minyak cengkeh. Zat ini sangat baik karena memiliki sifat anti anflamasi (radang) dan sangat baik untuk pasien rematik. Cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai ekspektoran, untuk mengobati gangguan minor pada saluran pernapasan,

  1. Meningkatkan kekebalaan tubuh 

Cengkeh juga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda, cengkeh juga dipercaya untuk membantu tubuh anda untuk melawan penyakit tingkat reguler yang disebabkan oleh kondisi lingkungan. Bahkan cengkeh juga dapat membantu mengobati penyakit penyakit yang mematikan.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita temukan pada cengkeh untuk kesehatan tubuh kita. Jadi tidak ada salanya apabila anda muaai untuk mengkonsumsi cengkeh, asalkan dengan dosis yang tepat.

Namun apabila cengkeh dikonsumsi dengan rokok yang dihisap bersama tembakau, kandungan cengkeh tidak akan memiliki manfaat bahkan akan dapat membahayakan tubuh dan dapat menimbulkan lebih banyak penyakit lagi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *