Manfaat dan Khasiat Kayu Manis

Manfaat dan Khasiat Kayu Manis – Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kayu manis. Biasanya kita dapat menemukan kayu manis di pasar tradisional maupun supermarket di sekitar rumah kita. Kayu manis ini menjadi populer karena merupakan salah satu bahan yang dijadikan sebagai bumbu untuk menyedapkan makanan.

UntitledSebenarnya ada banyak sekali jenis kayu manis mulai dari kayu manis ceylon, kayu manis cassia, dan kayu manis saigon. Ketiga jenis kayu manis tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Selain digunakan sebagai penyedap, kayu menis ternyata juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Berikut dapat anda lihat beberapa manfaat serta khasiat yang bisa didapat jika mengonsumsi kayu manis secara rutin.

1. Menghangatkan Tubuh

Sama seperti jahe, kayu manis ternyata juga memiliki khasiat dapat menghangatkan tubuh, utamanya pada saat musim dingin. Kayu manis ini memiliki kandungan yang mampu membuat tubuh menjadi hangat. Berbagai macam masalah kesehatan seperti masuk angin tentunya juga dapat diatasi dengan mengonsumsi kayu manis. Selain itu menurut salah satu studi menyebutkan bahwa kayu manis juga mampu melegakan penderita flu.

2. Sumber Serat dan Mineral

Selain dapat membantu menghangatkan tubuh, kayu manis ternyata juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat dan mineral. Dua nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika serat kurang terpenuhi maka berbagai macam masalah pencernaan seperti susah buang air besar akan selalu menghampiri.

3. Obat Anti Bakteri

Kayu manis selain dapat membantu menyedapkan olahan makanan maupun minuman, ternyata juga mampu membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu anda dapat mencampurkan kayu manis pada olahan makanan atau minuman yang anda buat. Karena selain membuatnya lebih enak, juga dapat menyehatkan.

4. Mengobati Rematik

Kayu manis mengandung berbagai macam zat yang dapat mengurangi sakit rematik. Bagi penderita rematik, dianjurkan untuk mengonsumsi kayu manis secara rutin untuk membantu proses penyembuhannya.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat lain yang bisa didapat dari kayu manis adalah mampu mengontriol gula dalam darah, sehingga sangat cocok untuk para penderita diabetes. Mengonsumsi kayu manis secara rutin juga dapat menjauhkan diri anda dari penyakit mematikan yang satu ini.

6. Menyeimbangkan Hormon

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa tubuh manusia ini mengandung berbagai macam hormon. Hormon tersebut kadang mengalami ketidakstabilan setiap saat. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin dapat membantu menstabilkan kandungan hormon yang ada dalam tubuh manusia.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu kandungan yang terdapat pada kayu manis adalah zat anti inflamasi yang dapat menghindarkan anda dari ancaman penyakit jantung.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Manfaat dan Khasiat Kayu Manis

  1. Pingback: Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur bagi Kesehatan Tubuh | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *