Manfaat dan Khasiat Melaksanakan Shalat Tahajud

Sholat tahajud merupakan shalat sunnah yang dikerjakan orang oleh muslim pada waktu malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Dalam mengerjakan shalat tahajud paling sedikit dilakukan 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya, tak memiliki batasan.

Waktu dari shalat tahajud yang paling baik adalah 1/3 malam, yang dimana malaikat-malaikat turun ke bumi dan Allah SWT akan mengabulkan setiap doa-doa dari hamba-Nya. Hal ini yang membuat seorang muslim, banyak yang mengerjakan shalat tahajud.

t-66

Tahukah anda, bahwa selain mendapatkan pahala, shalat tahajud juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga jiwa. Banyak diantara orang-orang yang mengerjakannya mengatakan bahwa dengan melakukan shalat tahajud, diyakini dapat memberikan ketenangan dan kedamaian dalam jiwa.

Jika seseorang yang terbiasa bangun untuk melakukan shalat di tengah malam,pastinya ia mampu untuk mengontrol emosi dalam dirinya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari melaksanakan shalat tahajud:

1.Melancarkan aliran darah dan menyegarkan pernapasan

Shalat tahajud pada umunya dilakukan pada jam 3 pagi. Bagi setiap muslim umumnyaterbangun pada jam tersebut, dalam mengerjakan shalat tahajud dan juga beribadah lainnya, seperti mengaji.

Ibadah ini nyatanya memberikan udara yang segar bagi seluruh organ tubuh kita. Karena pada saat itulah, udara pada atmosfer bumi masih sangatlah segar dihirup oleh paru-paru. Dengan kita menggerak-gerakkan seluruh otot, akan membuat badan kita menjadi segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar.

Oksigen yang segar itu akan menghilang ketika matahari telah terbit dan kembali lagi pada pagi berikutnya. Oleh karena itulah, hanya orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud yang dapat merasakannya.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh

Sebuah penemuan baru menyebutkan, bahwa dengan melaksanakan shalat tahajud mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu shalat tahajud dapat meringankan rasa nyeri pada tubuh, bahkan dapat menhilangkannya.

Shalat tahajud memberikan respon yang positif bagi tubuh manusia, oleh karena itulah mengapa shalat tahajud itu sangat baik dilaksanakan oleh seseorang yang menderita penyakit berat sekalipun

  1. Membersarkan rongga paru-paru

Gerakan takbiratul ihram dan diikuti dengan bersedekap sebenarnya telah membuka rongga paru-paru menjadi lebih lebar. Maka dari hal tersebutlah diketahui bahwa shalat tahajud mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru, terlebih lagi dengan oksigen yang sangat segar pada waktu bershalat tahajud.

  1. Penghapus dosa

Selain manfaat-manfaat kesehatan yang dirasakan oleh tubuh, shalat tahajud juga dapat menjadi penghapus dosa, karena shalat tahajud adalah ibadah yang dilakukan oleh orang-orang yang shaleh.

Baca Artikel Lainnya :

Rasulullah juga pernah mengatakan bahwa, barang siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka akan ada jaminan surge baginya. Hal ini juga sempat diriwayatkan dalam salah satu haditsnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *