Manfaat dan Khasiat Mentimun bagi Tubuh dan kesehatan

Manfaat dan Khasiat Mentimun bagi Tubuh dan kesehatan – Mentimun merupakan sayuran yang berasal dari keluarga Cucurbitae yang mempunyai nama ilmiah Cucumis sativus. Mentimun masih satu famili dengan semangka, melon, labu, zucchini dan lain sebagainya. Tanaman mentimun tumbuh merambat serta memiliki berbagai varietas. Berbagai varietas baik dari bentuk, ukuran maupun warna sudah dibududayakan di Indonesia. Umumnya warna dari mentimun adalah hijau gelap, biji dengan jumlah yang banyak dan kecil yang berada di tengah serta daging buah yang renyah.

a1

Saat masih muda, mentimun mempunyai tekstur daging buah yang lembut, rasa yang manis serta renyah. Apabila sudah tua kulitnya akan mengeras dan kulit berwarnza kuning, bijinya pun keras. Sayuran ini dapat dikonsumsi  langsung, disayur atau bahkan jus. Adapun manfaat dari buah mentimun bagi kesehatan adalah

  • Mempunyai kandungan kalori yang rendah

Mentimun mengandung 15 kalori per 100 gram, tidak mengandung kolestrol dan lemak. Mentimun memiliki serat yang lumayan tinggi sehingga membantu mengatasi sembelit, terhindar dari kanker usus (menghilangkan toksik dari usus).

  • Sumber kalium

Mentimun mengandung kalium dan elektrolit penting bagi tubuh. Setiap 100 gram mentimun mengandung kalium (147 mg) dan  sodium (2 mg). Kalium merupakan senyawa yang menghasilkan elektrolit yang sangat baik untuk fungsi hati, mengurangi atau menurunkan tekanana darah serta melawan efek buruk dari natrium (mengatur irama detak jantung).

  • Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan unik dalam rasio moderat pada mentimun yaitu alfa karoten, beta karoten, lutein, zea-xanthin, vitamin A dan vitamin C. Senyawa-senyawa tersebut berperan dalam perlindungan dari radikal bebas (mencegah efek penuaan dan penyakit). Penetapan kekuatan total antioksidan diukur melalui ORAC value (kapasitas penetapan radikal bebas) yaitu 214 µ mol TE/100 gram.

  • Memiliki sifat diuretic

Karena memiliki sifat diuretik sehingga mentimun dapat bermanfaat untuk kulit (efek membersihkan dan mendinginkan), mempunyai kandungan air yang tinggi serta vitamin. Vitamin yang terkandung adalah vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung adalah potassium, magnesium, silica dan manganese. Mentimun dapat dijadikan masker yang dapat mengencangkan wajah. Asam askorbat serta asam caffeic yang ada dalam mentimun dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata karena menurunkan tingkat retensi air.

  • Sumber serat

Serat yang terdapat pada mentimun dapat mendektofikasi atau menetralisir racun dalam sistem pencernaan. Apabila kita mengkonsumsi mentimun secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit seperti maag, perut mulas, gastritis, konstipasi (susah buang air besar).

  • Dapat mengontrol tekanan darah

Potassium, serat (fiber) serta magnesium yang terkandung di dalam mentimun berperan dalam mengontrol atau mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil (normal). Apabila tekanan darah tinggi, konsumsilah mentimun maka tekanan darah akan turun secara perlahan.

  • Berperan dalam kesehatan ginjal

Mentimun mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat berperan dalam membantu fungsi ginjal terutama dalam proses produksi air kencing (urinasi). Dengan demikian mentimun membantu mengurangi atau meringankan masalah pada ginjal maupun kandung kemih.

  • Menjaga kesehatan tulang dan persendian

Silika yang tegantung pada mentimun dapat memperkuat jaringan ikat atau jaringan penghubung antar sendi. Secara umum memtimun juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Mengkonsumsi mentimun dalam keadaan segar akan meningkatkan produksi saliva serta menetralkan pH pada rongga mulut. Dengan demikian gusi dan gigi akan terjaga kesehatannya.

  • Menjaga kesehatan kuku dan rambut

Silika yang terkandung pada buah mentimun juga berperan dalam mencegah kerusakan dan memperkuat kuku serta memperkuat pertumbuhan rambut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Manfaat dan Khasiat Mentimun bagi Tubuh dan kesehatan

  1. Pingback: Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Kita | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Paprika : Salah satu Penangkal Kanker Paling Mujarab | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *