Manfaat Dan Khasiat Super Buah Jarak

Manfaat Dan Khasiat Super Buah Jarak – Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia memang bukan hanya digunakan untuk koleksi semata, namun menyimpan berbagai manfaat yang bahkan beberapa orang kurang mengenalinya. Misalkan saja pada buah jarak atau yang juga dikenal dengan nama ilmiah Ricinus Communis ini.

1

Pohon jarak sendiri tergolong sebagai jenis tumbuhan liar, mengingat perkembangbiakannya sendiri berada di daerah hutan belantara. Namun beberapa tahun belakangan sudah banyak yang menanamnya di pekarangan rumah setelah mengetahui apa saja manfaat yang ditawarkan oleh buah dari pohon tersebut.

Buah jarak ternyata menyimpan sejuta manfaat untuk pengobatan, baik untuk jenis penyakit biasa hingga yang paling mematikan sekalipun. Hanya saja sebagian besar orang kurang senang menggunakannya mengingat ada racun mematikan yang ada dalam biji buah tersebut.

Jika sampai tak hati-hati dalam mengolah maka racun tersebut bisa sangat membahayakan nyawa penggunanya bukan. Tumbuhan liar seperti jarak termasuk jenis tanaman perdu yang memiliki daun menjari. Berbunga dan juga berbuah, buahnya sendiri memiliki manfaat antara lain:

1. Dapat mengobati sariawan

sariawan merupakan luka yang ada di dalam rongga mulut baik itu bibir maupun lidah, rasanya sangat perih apabila terkena makanan mengingat ada kawah juga di dalamnya, jika tak segera diobati tentunya akan sangat mengganggu aktifitas konsumsi makanan, nah getah dari pohon ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasinya, cukup dengan mengambil beberapa pada kapas dan ditempelkan pada bagian yang terluka tersebut, selain sariawan luka luar juga dapat diatasi dengan getahnya.

2. Obat sakit gigi

Selain luka dan juga sariawan khasiat lain yang dapat diatasi menggunakan getahnya adalah sakit gigi, tentunya sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang. Sisa makanan yang ada di dalamnya tentu akan mengundang kuman untuk masuk dan menyebabkan rasa sakit, cara mengatasinya juga cukup mudah pertama bersihkan bagian yang berlubang kemudian masuki menggunakan getahnya.

3. Sebagai obat sembelit

Masalah buang air besar sering kali dialami masyarakat baik itu anak-anak, maupun orang dewasa cara mengatasinya juga cukup mudah yaitu menggunakan daunnya kemudian rebus dan gunakan airnya untuk diminum, secara efektif dapat melancarkan buang air besar Anda karena feses menjadi lebih berair dan tak keras lagi.

5. Mengatasi ketombe

Ketombe terjadi karena kulit kepala mengalami pengelupasan, dalam keadaan yang sedikit mungkin tergolong biasa dan wajar namun bagaimana jika dalam jumlah yang banyak tentunya akan sangat mengganggu penampilan bukan, cara mengatasinya cukup dengan menumbuk daunnya dan mengoleskan pada kulit kepala, lanjutkan dengan keramas, jika dilakukan secara rutin maka hasilnya juga akan maksimal.

6. Mengobati rematik

Penyakit yang satu ini umum diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut, namun jangan khawatir karena bisa diatasi menggunakan tanaman yang satu ini, cukup dengan menggunakan akarnya untuk direbus dan minum air rebusan tersebut secara teratur, hasilnya dalam beberapa bulan sendi sudah bisa digerakkan kembali.

7. Menyuburkan rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kerontokan dan menginginkan rambut kembali lebat maka cukup mudah, gunakan biji buah yang satu ini, cukup dengan menumbuk dan mengambil minyaknya kemudian oleskan pada kulit kepala, rambut akan tumbuh lebih subur dalam beberapa bulan.

Untuk hasil yang optimal pemakaian juga harus dilakukan secara teratur dan dengan dosis yang tepat. Tak mudah memang untuk mencari di pasaran jadi Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *