Manfaat dan Pentingnya Vitamin E

Vitamin E ialah salah satu unsur yang terbentuk dari molekul tocopherol berjumlah delapan dan saling berkombinasi satu dengan yang lainnya. Vitamin E ini memiliki sifat yang tak dapat larut di dalam air akan tetapi bisa dilarutkan dengan larutan lemak, seperti contohnya ialah lemak, alkohol, aseton, eter, minyak dan lainnya.

f 17

Dengan karakter yang demikian ini menjadikan vitamin E yang dibantu oleh Empedu hati agar dapat tercerna dengan baik oleh tubuh. Empedu ini mempunyai fungsi sebagai unsur yang mengelmusi minyak tersebut saat melewati duodenum.

Selain sifat lebih tersebut terdapat karakter lain dari vitamin E ini yakni tidak stabil dalam proses pemanasan. Sehingga bila ada terdapat dalam proses pemanasan yang sangat tinggi bisa rusak. Dengan sifatnya yang basa dan tak memiliki kandungan oksiden ini bisa teroksidasi dengan pelan-pelan. Terlebih bilamana pada pancaran cahaya matahari akan membuat warna dari vitamin ini menjadi gelap.

Bahan menu dari vitamin E

Ada beberapa menu makanan yang memiliki kandungan vitamin E sebagai salah satu asupan penting bagi tubuh. Selain itu, bisa dikonsumsi dan diolah dalam kadar pemanasan yang cukup, karena bila terlalu over akan merusak unsur tersebut. Sehingga menjadikan menu yang seharusnya mengandung vitamin E tak lagi memilikinya akibat pemanasan yang terjadi. Dari beberapa menu itu antara lain ialah:

  • Aneka buah dan sayur,
  • Susu,
  • Mentega,
  • Telur,
  • Biji-bijian.

Buah dan sayur memang menduduki posisi teratas dengan asupan vitamin E. Terlebih dengan ciri-ciri dari aneka sayur berwarna hijau dan beberapa buah lainnya. Sebagai contohnya ialah buncis, asparagus, selada, kacang, kedelai, jagung, pisang, strawberry, biji gandum, kecambah dan lainnya.

Menu-menu tersebut sangat mudah dijumpai bahkan diolah untuk dijadikan lauk pauk dan adapula yang dijadikan sebagai hidangan pembuka ataupun penutup yang berasal dari aneka buah-buah.

Dalam proses pengolahannya diperlukan tindakan yang hati-hati agar nantinya vitamin E tersebut tak rusak begitu saja. Tentu saja saat mengolah menu tersebut sebaiknya dalam kadar panas yang sedang. Atau Anda bisa menyajikannya dalam kondisi mentah sebagai lalapan. Seperti dengan mencucinya terlebih dahulu kemudian menyantapnya sebagai lauk.

Menu yang cocok untuk konsep ini ialah lalapan dari kubis, kecambah dan selada. Santapan menu tersebut terasa lebih segar namun bilamana Anda kurang menyukai olahan mentah bisa memprosesnya dalam hitungan matang yang pas. Dengan proses masak memasak yang tepat tetapi tak membuat vitamin E ini menghilang.

Sebenarnya vitamin E disebut juga dengan alpha tocopherol termasuk zat antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan kandungan itu vitamin E ini mampu menghasilkan manfaat yang teramat penting seperti:

  • Mengurangi resiko diabetes.
  • Menjaga dan melindungi kesehatan mata.
  • Memelihara sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan suatu infeksi.
  • Sebagai pelindung tubuh atau zat antioksidasi.
  • Menjadi penangkal radikal bebas.
  • Menghambat proses pertumbuhan kanker di dalam tubuh.
  • Melindungi kulit dari serangan sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Berbagai perihal manfaat penting tersebut bisa diperoleh setiap hari sebagai salah satu sisi lebih untuk perlindungan kesehatan tubuh. Dalam artian melindungi tubuh bisa dimulai dari dalam dan nantinya akan diperlukan mulai saat ini hingga nanti.

Di samping itu vitamin E ini mampu memberikan perawatan dan perlindungan bagi kulit dan tubuh. Dapat sehat dari dalam hingga luar, terutama pada kesehatan kulit yang merawat sekaligus mempercantik lapisan kulit. Hingga pada manfaat penting bagi tubuh untuk kini dan seterusnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *