Manfaat dan Peran Dari Vitamin D

Manfaat dan Peran Dari Vitamin D – Vitamin D ialah salah satu jenis zat yang dibutuhkan untuk memelihara sekaligus menjaga kesehatan gigi dan tulang. Seperti dari usia anak-anak hingga dewasa dengan menjadikan gigi lebih kuat.

Untitled

Diimbangi pula untuk memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium yang diperuntukkan bagi gigi. Kebutuhan ini sangatlah penting, bilamana sampai kekurangan maka dapat menimbulkan resiko lain seperti kerusakan pada tulang dan gigi untuk masa kini ataupun nanti.

Kebutuhan akan vitamin D diperlukan bagi usia berapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bilamana seseorang itu memiliki penyakit rakhitis dan malformasi tulang maka menandakan bahwa seseorang itu sedang kekurangan vitamin ini.

Baca Juga : Jenis Vitamin dan Fungsinya bagi Tubuh

Bahkan di usia yang terus semakin lanjut bisa beresiko besar atas adanya penyakit osteoporosis atau tulang yang rapuh. Tak semua usia tua memiliki resiko ini sebab pada usia tiga puluh tahunan ini bisa saja terserang dengan mudah.

Terbayang bukan bagaimana beratnya resiko sakit tersebut? Membuat tubuh tak dapat bergerak dengan bebas dan harus membatasi setiap aktifitas yang harus dilakukan. Padahal, dengan bergerak bebas kian kemari menjadi seseorang merasa senang.

Dalam bentuknya vitamin D hadir dalam dua kategori, salah satu diantaranya ialah Ergocalciferol. Jenis vitamin D ini mudah dijumpai pada beberapa produk menu makanan seperti susu, ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, telur, sereal.

Kemudian bentuk yang lain bernama Cholecalciferol yang merupakan asupan vitamin D berasal dari sinar matahari. Produksi vitamin D ini hanya berlaku saat pagi hari yang termasuk waktu dimana sinar tersebut hangat dan bukan panas. Setidaknya sampai jam tujuh pagi Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini.

Dalam kategori lain, vitamin D termasuk mudah larut dalam lemak sehingga adanya kelebihan yang mungkin saja terjadi dapat disimpan dengan baik yakni di jaringan tubuh. Akan tetapi berbeda bilamana adanya dosis tinggi dalam hitungan waktu jangka lama ini membuat kandungan nutrisi bisa disimpan di jaringan lunak.

Jaringan ireversibel yang dapat berbahaya nan merusak ginjal dan sistem kadiovaskular. Vitamin D ini dapat menjadi racun di dalam tubuh dan berbahaya untuk kesehatan. Asal mula terjadinya peristiwa ini bisa ditandai dari beberapa gejala seperti:

  • Mual-mual,
  • Mudah lelah,
  • Buang air besar tak lancar,
  • Berat badan yang menurun, dll.

Untuk meraih kandungan vitamin D terbaik bisa Anda peroleh dari sinar matahari pagi yang cukup. Sehingga bisa mengurangi sekaligus memperkecil resiko tersebut. Setidaknya Anda bisa bertahan di bawah sinar mentari pagi setidaknya berada dalam waktu 10 menit.

Rentang waktu tersebut relative singkat dan bisa Anda terapkan setiap hari. Memang vitamin ini sangat penting akan tetapi perhatikan batasnya agar terhindar resiko yang tak diinginkan.

Bahwasannya kondisi seimbang akan jauh lebih baik daripada berlebihan, bukan? Dalam alasan ini Anda bisa memulai asupan nutrisi dari menu makanan bervitamin D yang cukup serta bila tak dimungkinkan dapat berada di bawah sinar matahari di kala pagi menjelang.

Hangatnya sinar matahari di waktu pagi menjadikan salah satu sisi penting yang tak boleh terlewatkan. Terutama untuk mendapatkan peran yang baik bagi tubuh. Seperti halnya dalam fungsi utama yakni menjaga kesehatan gigi dan tulang dari masa kini untuk nanti.

Setiap harinya akan ada perubahan yang menjadikan komponen tersebut melemah dan rusak. Akan tetapi diimbangi dengan asupan vitamin D yang cukup, maka semua akan baik-baik saja. Dalam artian kesehatan gigi dan tulang itu senantiasa terjaga mulai kini dan selalu.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Vitamin K bagi Tubuh Manusia

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Manfaat dan Peran Dari Vitamin D

  1. Pingback: 8 Manfaaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *