Manfaat Daun Jawer Kotok, Si Tanaman Semak Penyembuh Luka

Manfaat Daun Jawer Kotok, Si Tanaman Semak Penyembuh Luka – Apakah kamu pernah mendengar daun jawer kotok? Mungkin nama tersebut terdengar sedikit aneh namun sebenarnya tumbuhan ini sering kita jumpai dalam pekarangan rumah hanya saja kita jarang menyadarinya.

1

Jawer kotok sebenarnya salah satu tanaman hias semak yang memiliki warna daun ungu kehitaman. Warna daun tersebut memang cukup unik sehingga banyak orang yang memeliharanya namun ternyata dibalik keindahannya sebagai tanaman hias, jawer kotok juga ternyata bermanfaat sebagai obat herbal yang berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit sehingga tanaman ini juga diketegorikan sebagai apotek hidup.

Tanaman jawer kotok memiliki banyak varietas dan dapat tumbuh dengan mudah karena membudidayakannya sangatlah gampang yaitu dengan melakukan setek pada batang tanaman tersebut dan jawer kotok akan tumbuh dengan sendirinya tanpa emmerlukan perawatan yang khusus.

Jawer kotok mampu tumbuh hingga mencapai 2 m dengan daunnya yang sangat lebat dan banyak. Biasanya apabila dirasa tanaman jawer kotok telah tumbuh tinggi maka sebaiknya dilakukan pemangkasan agar tanaman tersebut menjadi lebih menarik sebagai tanaman hias.

Dalam segi kesehatan, sejak dahulu tanaman jawer kotok sudah tidak diragukan lagi. Bagian tanaman yang biasa digunakan untuk obat yaitu pada bagian daunnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan, tanaman jawer kotok mengandung zatalkaloids, mineral, minyak terbang, dan zat pati.

Adanya beberapa kandungan zat tersebut dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti radang telinga yang dapat menggangu pendengaran seseorang, keputihan yang berlebih bagi seorang wanita, wasir, bahkan luka yang berada dikulit juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun jawer kotok tersebut, karena daun jawer kotok juga mengandung antiseptic yang dapat mencegah infeksi pada luka tersebut.

Penggunaan daun jawer kotok untuk mengobati beberapa penyakit tadi sangatlah mudah. Biasanya orang menggunakannya dengan cara menghaluskan daun jawer kotok dan ditambahkan air panas hingga sari- sari pada daun tersebut keluar dengan ditandai berubahnya warna air menjadi ungu kehitaman, atau dapat juga dilakukan perebusan daun dengan air hingga mendidih.

Bagian air yang berwarna gelap tersebut lalu dapat langsung dibasuhkan pada bagian anggota tubuh yang sakit. Jadi, tanaman jawer kotok tersebut merupakan tanaman yang dapat direkomendasikan untuk ditanam dipekarangan rumah kita karena selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga berperan sebagai apotek hidup sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *