Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai rempah-rempah maupun sebagai bahan obat.

Senyawa keton bernama zingeron menimbulkan rasa pedas pada jahe. Jahe umumnya dimanfaatkan sebagai minuman penghangat tubuh saat cuaca dingin. Tetapi ternyata masih banyak manfaat lainnya dari jahe. Berikut ini manfaat dari jahe.

Untitled

  • Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe yang pertama yaitu melancarkan peredaran darah. Kandungan gingerol pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab utama penyakit serangan jantung dan juga sroke. Dengan memanfaatkan jahe kita bisa mengurangi resiko penyakit tersebut.

  • Perut kembung

Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami nyeri dan perut kembung. Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus.

  • Mengobati migrain

Prostaglandin merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sakit kepala. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin.

Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migraine (sakit kepala sebelah). Cara membuatnya yaitu ambil jahe seukuran ibu jari, cuci bersih kemudian bakar dan memarkan.

Seduh dengan segelas air tambahkan sedikit gula aren atau gula merah untuk menambah rasa manis.

  • Demam dan batuk

Kandungan gingerol pada jahe selain dapat melancarkan peredarah darah juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk.

Dengan mengkonsumsi jahe berarti dapat menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

Cara untuk mengobati batuk, ambil 10 gr jahe cuci bersih, potong-potong dan memarkan. Kemudian tmbahkan air dan rebus sekitar 20 menit. Saring dan tambahkan sedikit madu, ramuan siap diminum.

  • Mencegah perut buncit

Mengkonsumsi jahe secara rutin sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh.

Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut akan berdampak mempercepat pembakaran kalori sehingga mampu meratakan perut buncit.

  • Menurunkan tekanan darah

Jahe dapa dapat memperlebar pembuluh darah serta untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin, yang dapat mengakibatkan aliran darah menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat membantu meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

  • Mengobati sakit gigi

Anti jamur dan anti bakteri pada jahe dapat mencegah sakit gigi dan nyeri pada gusi.

  • Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur

Para wanita yang siklus menstruasinya kurang lancar jangan khawatir lagi. Dengan memanfaatkan jahe dapat menjaga keteraturan siklus menstruasi. Caranya, ambil jahe kemudian dicampurkan dengan gula merah dalam teh.

  • Membuat tubuh perkasa

Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya sangat efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan.

Berdasarkan sebuah penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

  • Sebagai obat jerawat

Sebuah penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari.

Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti mules, iritasi, dan diare.

  • Untuk memerangi sel kanker yang ampuh

Setiap orang pasti ingin terhindar dari berbagai jenis serangan kanker yang sangat mematikan. Jahe memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Artikel Lainnya :

Antioksidan dalam jahe sangat efektif untuk memntu mencegah serangan sel-sel kanker ke tubuh anda seperti kanker ovarium dan kanker usus.

Itulah manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *