Manfaat “Jernang” Buah Rotan

Untitled

Manfaat “Jernang” Buah Rotan – Jernang adalah salah satu buah hasil hutan tanaman bukan kayu yang telah lama diketahui sebagai barang yang diekspor. Di dunia perdagangan, lebih mengenalnya dengan nama “Dragon’s Blood”. Selain sebagai sumber penghasil yang utama jernang merupakan buah dari tanaman rotan dari generra Daemonorops draco famili palmae dengan nama setempat atau lokal ‘jernang’. Kegunaan buah jernang ini yaitu untuk bahan baku pewarna di dalam industri seperti marmer, alat-alat batu, keramik, kayu, cat, keperluan industri farmasi, kertas, serbuk untuk pasta gigi, dan juga ekstrak tanin. Diketahuinya jernang sebagai salah satu kekayaan atau sumber daya keanekaragaman hayati yang diketahui memiliki manfaat di bidang ekonomi dan juga ekologi, sehingga mengenai teknik pengolahan yang sesuai diperlukan untuk dapat meningkatkan produksi buah jernang itu sendiri. Dalam masyarakat di Indonesia khususnya di daerah pedalaman terdapat berbagai manfaat dari buah  jernang yaitu sebagai berikut :

1. sebagai bahan pewarna

Jernang telah digunakan sebagai suatu bahan pewarrna yang dapat memberikan warna yang merah agak kecokelatan. Misalnya untuk pewarnaan pada berbeberapa jenis kerajinan tangan yaitu anyaman misalnya dari  rotan, daun pandan dan juga bahan lainnya. Selain itu, jernang juga dapat digunakan sebagai pewarna di tubuh (Ornamental Body), biasanya masyarakat mengunakannya sebagai pewarna merah di bagian kelopak mata. Para pelukis juga menggunakan buah jernang sebagai bahan pewarna untuk lukisannya yang dapat memberikan warna merah keunguan yang indah dipandang mata.

2. sebagai Bahan ramuan untuk obat-obatan

Secara tradisional pemanfaatan buah jernang sebagai suatu ramuan obat diare dan juga gangguan pencernaan lainnya. Di benua Eropa juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk obat-obatan seperti disentri dan juga sakit diare juga sebagai astringen dalam pasta gigi. Di dalam buah Jernang mengandung bahan draco-resinotannol, resin-alcohol, dan lebih kurang 56% bahan tersebut telah berasosiasi dengan benzoic dan juga benzoic acid. Di Negara Malaysia, buah jernang telah digunakan sebagai bahan untuk pengobatan gangguan pencernaan dan masyarakat Benua menggunakan buah ini sebagai bahan untuk ramuan penyakit , sariawan, kencing darah dan sakit perut. Selain itu di Yunani, pada masa silam jernang digunakan sebagai bahan untuk obat sakit mata. Dan di zamannya Rumphius, jernang yang ditumbuk dapat digunakan sebagai bahan baku obat untuk penyembuh luka. Sebagai bahan untuk membuat obat-obatan, buah jernang ini berkhasiat bisa menghentikan pendarahan yg terjadi, dapat mengurangi rasa sakit, dan akibat trauma cedera akibat patah tulang, juga obat luka memar, selain itu juga salah urat, serta menghentikan pendarahan akibat adanya luka, serta melindungi bagian permukaan luka bernanah agar tidak menjadi busuk, serta menumbuhkan jaringan jaringan hidup dan untuk menghilangkan rasa perih pada luka yang cukup kronis.

3. Dupa dan ritual

di masa lalu, buah jernang ini digunakan sebagai sebuah dupa karenaa baunnya yang sangat  wangi, maka buah jernang daapt digunakan sebagai penggantti kemenyan dan sehingga dinamakaan “kemenyan merah” aatau “red-benzoin”.. Namun, penggunaan buah jernang sebagai penggaanti kemenyan ini sudah sudah jaraang dilakukan lagi oleeh masyarakaat di Sumatera karena orang-orang lebih menyukai menggunakan keemenyan asli yang diketaui harganya lebih murah dibandingkan buah jernang itu sendiri.

4. Magis

Jernang juga dipercaya sebagai bahan untuk penambah tenaga di dalam rituaal magis. Pembakaaran buah jernang pada dupa menyeebabkan dapat meningkatnya tingkaat magis pada mantera-mantera yanag akan dibacakan, sebagai penambaah minyak dan juga sabun mandi dan dipercaya dapat juga untuk meengusir setan dii sekitar ruumah yaitu dilakukan dengan membakaar buah jernang dan asaapnya akan disebarkan di sekeliliing rumah.

  1. buah Jernang dapat digunakan dalaam pembuatan verrnis, minumaan dari ekstraak tumbuhan dengaan alkohol (tinctur), plaaster, paasta gigi dan juga bahan campuran untuk membuat pewarnaan oada kayu mahagoni dan lain-lain.
  2. Jernang juga dapat digunakaan sebagai caampuran pembuatan parfum atau pewangi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *