Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh – Jeruk nipis memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Jenis jeruk ini mengandung linalool, minyak terbang limonene, flavonoid misalnya poncirin, rhoifolin, hesperidine dan naringin. Dalam jeruk nipis masak, terdapat pula synephrine dan N-methyltyramine. Kandungan lainnya seperti kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, C dan asam sitrat. Fungsi dari asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah kambuhnya penyakit batu ginjal pasca operasi.

Menurut Hj. Sarah Krisnawati yang merupakan herbalis dari Bandung dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia atau HIPTRI, memberikan kiat memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan herbal untuk membantu dalam menyembuhkan penyakit. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami bagi kesehatan.

Ambeien

Untuk penyakit ambeien cukup persiapkan 10 gr akar dari pohon jeruk nipis dan 1 liter air. Cuci bersih akar tersebut dan rebus dalam 1 liter air. Tunggu hingga air rebusan hanya tersisa ½ liter. Matikan, saring dan minum ketika hangat. Sebaiknya diminum 3 kali dalam 1 hari.

Amandel

Persiapkan kulit dari 3 jeruk nipis. Cuci dan kemudian potong-potong dan rebus dalam 2 gelas air. Matikan hingga air rebusan hanya tersisa ¾ dari jumlah air total. Saring dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Anyang-anyangan

Penyakit air kencing yang tidak lancar ini dan membuat Anda harus bolak-balik ke kamar mandi dapat diatasi dengan menggunakan air dari 2 buah jeruk nipis. Tambahkan gula batu secukupnya ke air perasan tersebut dan 1 gelas air panas. Aduk merata dan minum ketika hangat. Anda dapat meminumnya sehari sekali.

Batuk

Untuk meredakan batuk, terdapat 2 cara yaitu:

  1. Sediakan 1 jeruk nipis dan peras. Tambahkan 1 sdm madu dan sedikit garam dan air secukupnya. Aduk hingga merata dan saring. Minum 2-3 kali dalam sehari.
  2. Air perasan jeruk nipis yang ditambahkan dengan sepotong gula batu dan diaduk merata. Tambahkan air hangat secukupnya. Minum sehari sekali hingga sembuh.

Batuk disertai Flu

Jika menderita batuk yang disertai flue, minum campuran dari air perasan dari sebuah jeruk nipis yang diseduh dengan air panas sebanyak 60 cc dan ½ sdt kapur sirih. Aduk rata. Minum 2 kali sehari dengan dosis 2 sdm.

Bau Badan

Terdapat 2 cara untuk mengatasi bau badan dengan jeruk nipis, yaitu:

  1. Menggunakan jeruk nipis yang dipotong menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian diolesi dengan sirih kemudian dioleskan ke ketiak setelah mandi. Diamkan 5 menit dan bilas dan lakukan pagi dan sore.
  2. Menggunakan 10 helai daun muda dari jeruk nipis yang ditumbuk dan dilumatkan. Pulung kecil-kecil hingga membentuk seperti pil dan makan 3 kali dalam sehari.

Batu Ginjal

Siapkan 2 buah jeruk nipis kampung dan peras airnya. Tambahkan 2 gelas air hangat dan minum ketika Anda selesai makan malam. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

Demam dan Flu

Terdapat 2 cara yaitu:

  1. Mencampurkan air perasan sebuah jeruk nipis yang ditambahkan 3 siung bawang merah yang dihaluskan dan 1 sdm minyak kelapa. Oleskan ke kening untuk mengurangi panas.
  2. Menggunakan perasan dari 1 jeruk nipis yang telah dipanggang sebentar. Tambahkan 1 sdm madu dan minum.

Vertigo

½ genggam daun jeruk nipis yang dilumatkan ditambah 1 sdm perasan jeruk nipis. Gosok ke tengkuk, pelipis, dahi dan lakukan 2 kali sehari.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *