Manfaat Kultur Jaringan dalam Bidang Pertanian

Manfaat Kultur Jaringan dalam Bidang Pertanian – Kebutuhan manusia yang semakin lama semakin banyak membuat beberapa sektor harus mampu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, salah satunya adalah di bidang pertanian.

1

Beberapa teknologi di bidang pertanian dipergunakan dengan optimal sehingga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu perkembangan yang ada di bidang pangan adalah kultur jaringan yang memiliki peranan penting dalam pengembangan bahan tanam yang memiliki sifat ekologis kuat dan propagasi masa sehingga dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah dalam pertanian misalnya masalah penanaman musim.

Teknik kultur jaringan berasal dari ide jika prosedur diversifikasi sukses dalam bidang pertanian yang tergantung pada penciptaan produk yang berkualitas. Teknik tersebut menjadi salah satu solusi yang digunakan karena meningkatnya permintaan akan produk pertanian. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor dan faktor utamanya adalah karena adanya kenaikan populasi dan menipisnya lahan pertanian.

Penggunaan pengendalian hama, penambahan proses pemupukan dan beberapa praktek dalam bidang pertanian lainnya ternyata tidak cukup untuk membangun ekonomi pertanian yang berkelanjutan, sehingga digunakanlah kultur jaringan.

Penggunaan teknik tersebut telah dibuktikan selama bertahun-tahun untuk produksi masal. Dengan bahan yang lebih murah namun mampu menghasilkan produk yang berkualitas yang lebih tahan dan kuat dari penyakit tanaman membuat para pelaku di bidang pertanian memiliki alasan lainnya untuk menggunakan teknik tersebut.

Teknik yang digunakan dalam kultur jaringan adalah teknik yang digunakan untuk memisahkan sel atau jaringan pertumbuhan dari suatu organisme. Sel atau jaringan tersebut akan ditempatkan ke dalam lingkungan yang telah disterilkan sebelumnya dan disediakan nutrisi yang telah dikontrol dan dikendalikan.

Sehingga manfaat teknik tersebut beberapa diantaranya adalah untuk mengontrol dan juga menyesuaikan karakteristik atau sifat dari bahan tanaman. Syarat tumbuhan ekspaln untuk bahan dasar pembentukan kalus yaitu:

  • Jaringan sedang aktif pertumbuhannya.
  • Jaringan berasal dari bagian daun, akar, kuncup, mata tunas, ujung batang, umbi dan berasal dari bagian yang masih muda dan mudah untuk tumbuh.

Karena penggunaan teknik kultur jaringan, petani memperoleh beberapa manfaat diantaranya yaitu:

  • Menghemat biaya dan waktu penanaman tanaman. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan teknik tersebut berarti juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tanaman sehingga akan mampu bertahan dari penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri.
  • Dapat membantu untuk mempertahankan produktifitas tanaman sehingga hasil atau produk pertanian yang dihasilkan dapat maksimal
  • Dapat membantu untuk memproduksi bahan dengan sistem akar yang baik dan ideal untuk membantu penyerapan nutrisi.

Dengan menggunakan teknik kultur jaringan, tanaman dapat ditanam di media tanaman yang sama. Hal tersebut dikarenakan jaringan dari tanaman yang telah dikembangkan berasal dari lingkungan yang steril sehingga tidak menutup kemungkinan jika tanaman dapat tumbuh sesuai dengan lingkungan yang telah diseting atau dipersiapkan sesuai dengan jenis atau ciri dari tanaman tersebut. Kondisi medan tanam dapat dipertahankan sepanjang tahun tanpa takut dan khawatir adanya perubahan cuaca dan iklim.

Manfaat lainnya dari penggunaan teknik kultur jaringan adalah penduplikatan atau penggandaan bahan tanaman yang satu dengan yang lainnya sangat mudah dan manfaat tersebut akan lebih terasa jika diterapkan pada tanaman yang perlu menghasilkan benih lebih dahulu sebelum dapat berkembang biak. Manfaat dan keuntungan lainnya dengan menggunakan kultur jaringan yaitu:

  • Memperoleh tanaman baru dengan jumlah banyak dalam waktu singkat dengan sifat yang persis dengan indukan.
  • Biaya pengangkutan bibit lebih mudah dan murah.
  • Ukuran buah yang dihasilkan sama dengan rasa yang juga sama.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Manfaat Kultur Jaringan dalam Bidang Pertanian

  1. Esha Flora

    Materi yang sangat bermanfaat. Sangat suka peranan kultur jaringan yang disebutkan dalam membantu petani mengembangkan tanaman

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *