Manfaat Mengkonsumsi Kerang Bagi Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Kerang Bagi Tubuh – Kerang merupakan salah satu hewan yang hidup di laut tepatnya pada bagian dalam atau dasar laut.

Kerang tersebut sebenarnya merupakan hewan lunak namun memiliki cangkang yang keras pada bagian luar tubuhnya yang berfungsi sebagai tempat ia berlindung dari ancaman musuh atau predator.

Untitled

Kerang terdiri dari beragam spesies dengan warna dan ukurannya masing- masing. Hampir semua jenis kerang dapat dikonsumsi dan dijadikan sebagai menu makanan laut yang memiliki rasa gurih dan lezat sehingga tak jarang banyak orang yang memburunyaterutama bagi para pecinta makanan hewan laut.

Selain kelezatannya, telah banyak orang yang mengetahui kandungan gizi pada kerang tersebut yang sangat baik bagi tubuh.

beberapa ahli gizi juga telah mengemukakan bahwa dalam 100 gram kerang mengandung protein dan asam amino yang sangat tinggi. Selain itu hewan tersebut juga mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama organ jantung.

Bagi kamu yang sedang menjalankan prigram diet khusunya kaum wanita, ternyata mengkonsumsi kerang menjadi salah satu pilihan tepat karena mengandung lemak dan kalori yang rendah.

Selain itu di dalam daging kerang juga mengandung beberapa mineral seperti tembaga, yodium, zinc, selenium, dan zat besi yang tentu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Bahkan menurut bberapa penelitian ternyata di dalam daging kerang juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang snagat baik bgai kesehatan mata dan kulit.

Beberapa orang mungkin takut untuk mengkonsumsi hewan laut termasuk kerang karena dipercaya hewan- hewan tersebut memiliki kandungan kolesterol yang tinggi namun, sebenarnya kolesterol pada hewan laut terutama pada kerang tersebut tidak setinggi kandungan kolesterol yang dimiliki oleh daging lainnya seperti sapi dan ayam.

Namun, mengkonsumsi makanan laut juga tidak dianjurkan bila berlebihan terutama bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap hewan laut.

Mengkonsumsi kerang memang sangat baik bagi kesehatan namun dalam pemilihannya juga kita harus berhati-hati karena hewan tersebut merupakan hewan yang sangat cepat dalam menyerap polutan yang nanti mungkin dapat kita konsumsi juga sehingga kesehatan kita terganggu.

Dalam habitat aslinya kerang memakan plankton atau mikroorganisme kecil yang ada di dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Plankton tersebut juga merupakan hewan laut yang hidup dan mampu menyerap polutan dan logam berat pada laut yang tercemar dan ketika plankton tersebut dimakan oleh kerang maka hewan bercangkang tersebut juga akan terkontaminasi.

Oleh sebab oitu dalam pembelian kerang sebaiknya kita harus mengetahui dari laut mana kerang tersebut berasal.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *