Manfaat Menulis dengan Tangan bagi Kesehatan Kita

Menulis adalah hal yang sudah diajarkan orang tua ketika seorang anak sudah pandai berbicara. Namun teknologi yang sekarang semakin canggih membuat kita menjadi malas menulis dengan tangan, bahkan diantara kita merasakan gengsi.

g 78

Alasan lain tidak mau menulis dengan tangan adalah memakan banyak waktu, sedangkan jika menulis dengan computer akan lebih cepat karena kebiasaan mengcopy di sekolah atau di kantor.

Bisakah anda ingat kapan terakhir kali anda menulis ? Menulis yang dimaksud adalah menulis dengan tangan. Mungkin diantara anda ada yang sudah lama tidak melakukannya, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Mungkin jika anda menulis dengan tangan sudah tidak sebagus itu.

Menulis dengan tangan member manfaat yang sering diacuhkan. Menulis pada dasarnya mengaktifkan bagian otak, termasuk mengatur berfikir, bahasa, dan memori kerja. Berikut manfaat lain dari menulis dengan tangan:

  1. Kemampuan belajar meningkat

Peneliti menemukan bahwa seseorang yang menulis dengan tangan memiliki pemahaman konseptual yang baik dibandingkan mereka yang mencatat dengan laptop.

  1. Membuat Fikiran bertambah tajam seiring dengan usia yang bertambah pula

Beberapa dokter merekomendasikan tulisan tangan untuk yang lebih tua sebagai latihan kognitif untuk menjaga fikiran berfungsi dengan baik.

Studi menemukan bahwa menulis dengan tangan pada orang dewasa akan lebih mudah mengenali karakter-karakter huruf seperti not music dari pada menulis dengan komputer.

  1. Akan mengingat apa yang telah ditulis

Secara otomatis jika seseorang menulis maka ia akan ingat apa yang telah ia tulis. Tulisan tangan melibatkan memori yang kuat kemudian menggunakan ketrampilan motorik otak untuk membentuk huruf denngan tangan.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Mendukung kreatifitas

Menulis dengan tangan menggabungkan visual, motorik, dan kognitif. Menulis dengan tangan juga membutuhkan keterampilan untuk membentuk, memperbaiki cara penulisan, dan setiap individu memiliki cara yang unik untuk membuat setiap huruf tersebut.

Begitu banyak manfaat menulis dari segi kesehatan dan otak kita, maka mulai sekarang kita biasakan untuk menulis dengan tangan agar tidak mudah lupa.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *