Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Mental Selama Ramadhan

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Mental Selama Ramadhan – Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling di tunggu- tunggu oleh umat muslim, dimana seseorang yang akan menjalankan amal kebaikan atau amal baik akan di lipat gandakan pahalanya. Bulan suci ramadhan ternyata juga dapat menyehatkan tubuh, dan bahkan mendapatkan kesehatan mental, mulai dari membuat pikiran tenang, mengatasi kecemasan, mengubah pola pikir menjadi positif dan berbagai hal lainnya.

2.1

Tentunya untuk mendapatkan manfaat itu semua harus menjalankan puasa di bulan ramadhan dengan baik dan tepat, ada beberapa manfaat yang harus di ketahui dari manfaat bulan puasa untuk kesehatan mental selama bulan puasa di mulai.

1. Membuat pikiran tenang, damai dan bahagia

Selama bulan suci ramadhan tiba, anda bisa merasakan sebuah perubahan dalam pemikiran anda. Pikiran jauh lebih tenang, damai dan bahkan bahagia meskipun menahan lapar dan haus seharian. Hal ini di karenakan pada bulan puasa minggu pertama kondisi tubuh mulai beradaptasi dengan melepaskan hormon dan bahan kimia, seperti dopamin, adrenalin, dan hormon steroid.

2. Mengatasi kecemasan dan depresi

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan berpuasa akan dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan setelah beberapa hari berpuasa. Hal ini disebabkan ketika berpuasa pada bulan ramadhan tubuh akan melepaskan hormon endorfin di otak yang akan membuat anda lebih bahagia dan gembira serta dapat membantu mengatasi depresi.

3. Meningatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukan bahwa dengan berpuasa saat bulan ramadhan dapat meningkatkan kualitas tidur. Seorang yang melakukan puasa akan mendapatkan tidur yang lebih baik tanpa terbangun di tengah malam hari, bukan hanya itu akan meningkatkan suasana hati ketika sudah beberapa hari menjalankan puasa.

4. Mengatasi sakit kepala migrain

Banyak sekali penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan berpuasa akan dapat meningkatkan tingkat seretonin yang ada di dalam otak, sehingga dapat membuat bahagia, santai dan bahkan dapat mencegah atau mengatasi sakit kepala migrain.

5. Perubahan pemikiran menjadi positif

Sebuah penelitian menujukan bahwa dengan melakukan berdoa, iman dan spritual pada bulan suci ramadhan dapat mengubah pemikiran seseorang jauh lebih baik dan positif. Bukan hanya itu, selama kegiatan keagamaan di lakukan akan juga merangsang korteks peprontal otak yang akan menentukan sebuah kepribadian anda, ekspresi, pengambilan sebuah keputusan, fungis kognitif dan lainnya.

6. Mengisi pemikiran dengan cinta dan kegembiraan

Banyak sekali para ilmuan yang membuktikan bahwa dengan berpuasa pada bulan ramadhan dan melakukan sebuah kegiatan keagamaan akan memberikan sebuah perasaan yang  tenang, damai, cinta dan kebahagian seseorang akan meningkat.

Baca juga :

Itulah manfaat puasa untuk kesehatan mental selama ramadhan semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *