Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil – Buah khas Indonesia ini, selain segar juga sangat bermanfaat untuk tubuh.

Untitled

Kandungan air dan juga vitamin, mineral dan zat besi sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, manfaat apa saja yang diperoleh ibu hamil jika mengkonsumsi semangka? Berikut ulasannya.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Kandungan air yang cukup banyak pada semangka, mampu mencukupi kebutuhan cairan pada  ibu hamil. Karena, pada saat masa kehamilan, ibu hamil akan membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari pada biasanya supaya tidak mengalami dehidrasi.

  1. Melancarkan pencernaan

Wanita yang sedang hamil biasanya akan lebih sering mengalami sembelit. Hal ini karena wanita hamil lebih rentang kekurangan cairan dan serat.

Mengkonsumsi semangka untuk hamil sangat disarankan. Selain kandungan airnya yang cukup banyak, kandungan serat dalam buah ini juga mampu melancarkan pencernaan dan mengurangi panas dalam.

  1. Mencegah terjadinya pembengkakan kaki

Pada usia kehamilan trisemster kedua dan ketiga, ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan pada kakinya. Hal ini karena, ibu hamil akan lebih sering mengalami penumpukan darah di kaki akibat tidak lancarnya aliran darah.

Dengan mengkonsumsi semangka, akan melancarkan aliran pembuluh darah sehingga terhindar dari pembengkakan kaki.

  1. Bermanfaat bagi janin

Kandungan nutrisi dan vitamin yangterdapat dalam semangka, selain bermanfaat bagi ibu hamil, ternyata juga bermanfaat untuk janin yang berada dalam kandungan sang bunda.

Baca Juga :

Walaupun mengkonsumsi semangka memiliki banyak manfaat terutama untuk ibu hamil, akan tetapi bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan juga akan memberikan efek buruk untuk sang bunda dan sang janin. Beberapa efek buruk semangka untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kadar gula

Kandungan gula yang terdapat dalam buah semangkan, jika dikomsumsi terlalu banyak dan berlebihan akan meningkatkan kadar gula ibu hamil yang mengkonsumsinya.

Selain itu janin yang ada dalam kandungan juga akan mengalami obesitas sehingga berakibat untuk sang bunda saat proses kelahirannya.

  1. Menimbulkan rasa mual

Ada baiknya jika ibu hamil ingin mengkonsumsi semangka, pastikan semangka yang dikonsumsi adalah semangka segar. Jika yang semangka sudah tidak segar maka kandungan asam semangka akan meningkat sehingga justru akan membuat sang bunda mual.

Nah, itulah manfaat dan efek samping semangka untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat…

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *