Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia

Pengertian Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku atau Pteridophyta merupakan salah satu tumbuhan purba yang masih lestari dan populasinya masih banyak hingga saat ini. Bagi sebagian besar di antara Anda istilah tumbuhan paku mungkin terdengar asing, hal ini dikarenakan tumbuhan paku terdiri atas kurang lebih sekitar 10.000 macam jenis.

r 154

Sedangkan tumbuhan paku yang hidup di wilayah Indonesia diperkirakan mencapai 30% atau sekitar 3.000 macam jenis. Contoh umum tumbuhan paku yang ada di Indonesia antara lain adalah pakis, ekor kuda, tanduk rusa, dan suplir.

Seperti yang sudah Anda ketahui, tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang dapat hidup di seluruh permukaan tanah yang ada di penjuru belahan bumi kecuali daerah yang tertutup salju dan di padang pasir.

Tidak seperti tumbuhan pada umumnya yang berkembang biak dengan biji tanaman, tumbuhan paku berkembang biak dengan menggunakan spora.

Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Mungkin, bagi sebagian besar orang beranggapan jika tumbuhan paku adalah tanaman gulma yang merugikan. Akan tetapi, sebenarnya tumbuhan paku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat tumbuhan paku atau Pteridophyta bagi kehidupan manusia;

  • Sebagai tanaman hias; Sebagai manusia, tentu menginginkan rumah Anda terlihat indah dan asri meski hanya memiliki sedikit lahan saja. Dengan permasalahan lahan yang sempit, manusia pada akhirnya memanfaatkan tumbuhan paku untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan tumbuhan paku tidak membutuhkan lahan yang luas, memiliki nilai-nilai estetis, dan memiliki keindahan. Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk tanaman hias antara lain suplir (Asiantum), paku tanduk rusa (Platycerium sp), paku sarang burung (Aspenium nidus), dan paku tiang (Alsophila glauca).
  • Sebagai bahan makanan; Seperti makhluk hidup lainnya, manusia juga membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Selain mempertimbangkan komposisi makanan yang akan dimakan, manusia juga menginginkan makanan dengan gizi dan karbohidrat yang tinggi. sehingga, keberadaan beberapa jenis tumbuhan paku yang dapat diolah menjadi makanan sangatlah menguntungkan bagi manusia. Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk makanan antara lain semanggi (Marsilea crenata) dan paku tiang (Alsophila glauca).
  • Sebagai bahan obat-obatan; Selain dapat digunakan sebagai bahan makanan, tumbuhan paku juga dapat diolah menjadi bahan-bahan obat. Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan antara lain paku ekor kuda (Equisetum) dan paku kawat (Lycopodium clavatum).
  • Sebagai pupuk hijau; Kemampuan yang dimiliki tumbuhan paku untuk mengikat N di udara, membuat beberapa macam tumbuhan paku sangatlah cocok untuk digunakan atau diolah menjadi pupuk hijau. Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk pupuk hijau adalah Azolla piñata.
  • Sebagai bahan pembuat petasan; Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk bahan pembuat petasan antara lain eperti Pyrotechnics.
  • Sebagai tiang bagunan; Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk tiang bangunan antara lain Alsophila glauca.

Baca Artikel Lainnya :

  • Sebagai penggosok atau amplas; Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk penggosok atau amplas antara lain Equisetum sp.
  • Sebagai salah satu bahan untuk karangan bunga; Tumbuhan paku yang dapat digunakan untuk bahan karangan bunga antara lain Lycopodium cernum.

2 thoughts on “Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia

  1. Daftar Harga Tanaman

    Sebagai pupuk hijau juga bisa, tetapi kami pembudidaya tanaman hias menggunakan ini sebagai campuran media agar media tanaman hias menjadi lebih parous dalam jangka waktu lebih lama

    Reply
  2. Gardenmatrial

    Tanaman ini sudah dimanfaatkan dan sudah menjadi komoditi, dimanfaatkan oleh petani tanaman hias, dijual dan dikemas dengan nama sebutan ANDAM, tetapi tanaman ini hanya tumbuh di daerah pegunungan, dan disana dilindungi, kerena tumbuhnya liar dan bila dirambah untuk dijual akan merusak ekosistim,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *