Manjakan Rambut dan Kulit Anda Dengan Madu

Menurut legenda, madu merupakan senjata pilihan Cleopatra agar tetap rupawan. Kini, ilmu pengetahuan membuktikan apa yang telah dikenal kaum wanita selama bertahun-tahun. Madu, terutama yang mentah atau belum mengalami proses pasteurisasi, merupakan sebuah bahan alamiah yang memiliki khasiat menakjubkan pada kulit.

q 142

Cairan ini penuh dengan antioksidan yang baik untuk melawan kulit yang keriput dan menua. Selain itu, madu juga bersifat anti bakteri, sehingga bisa membantu perawatan terhadap jerawat.

Madu membuka pori-pori tersumbat serta bisa melembabkan dan meredakan iritasi kulit. Cobalah resep-resep di bawah ini untuk mendapatkan khasiat spa madu di rumah Anda:

  1. Masker pelembab madu.

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda. Masker ini akan membuat wajah Anda menjadi bersih dan terasa halus. Jangan lupa untuk mengikat rambut Anda agar tidak terkena ketika menggunakan salah satu dari resep ini:

  • Tuangkan satu sendok makan madu ke tangan Anda dan ratakan ke seluruh wajah Anda. Gosokkan pada wajah lalu diamkan selama 5 hingga 30 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.
  • Untuk masker madu yang sedikit lebih kompleks, campur satu sendok teh madu dengan satu sendok teh dadih susu dan satu kuning telur. Oleskan campuran ini pada kulit yang telah dibersikan sebelumnya dan diamkan selama lebih kurang 20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.
  • Pembersih wajah madu.

Madu sangat baik untuk membersihkan sisa-sisa kosmetik pada wajah Anda, terutama ketika dikombinasikan dengan minyak lembut. Padukan madu dan jojoba atau minyak kelapa untuk menciptakan pembersih wajah alamiah.

Gosokkan ke kulit Anda dan hindari area di sekitar mata. Lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini akan menghapus make-up dan membuka pori-pori tersumbat.

  1. Lotion kulit madu

Jika Anda merasa kulit Anda mulai menjadi kering karena faktor cuaca, paparan AC, atau hal lain, cobalah lotion madu. Caranya, campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan minyak zaitun lalu tambahkan perasan air lemon yang merupakan pencerah kulit alami.

Oleskan lotion ini pada area kulit yang kering dan biarkan selama setidaknya 20 menit. Setelahnya, bilas dengan kain yang telah direndam air hangat.

  1. Perawatan wajah lemon-madu.

Lemon merupakan buah yang kaya vitamin C serta antioksidan. Selain itu, buah ini juga mengandung asam alfa hidroksi yang berperan dalam mengelupas sel kulit mati. Potong sebuah lemon menjadi dua bagian lalu buang biji-bijinya.

Kemudian, tambahkan satu sendok teh madu ke balahan lemon tadi. Gosokkan bagian dalam potongan yang telah diolesi madu tadi ke seluruh wajah Anda kemudian diamkan. Setelah 5 menit, bilas dengan air hangat bersih.

  1. Ramuan pendongkrak kilau rambut.

Madu juga bisa digunakan untuk membuat rambut Anda sehat dan menjadi lebih berkilau. Ada dua pilihan cara yang bisa Anda coba:

  • Kombinasikan satu sendok makan madu dengan satu liter air hangat. Gunakan larutan ini untuk membilas rambut Anda dengan menyeluruh setiap habis keramas dengan shampoo. Biarkan sselama satu jam lalu bilas hinggga bersih.
  • Campur satu setengah sendok teh madu dengan lima cangkir air hangat. Guyurkan pada rambut Anda secara menyeluruh dan biarkan saja tanpa dibilas. Keringkan dan tata rambut Anda seperti biasa.

Baca Artikel Lainnya :

Selain resep-resep di atas, si manis ini juga bisa digunakan sebagai scrub mandi, pengelupas sel kulit mati, serta ramuan berendam. Tidak salah memang jika Cleopatra memanfaatkan cairan ini untuk menjaga kecantikannya yang legendaris.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *