Mari Hijaukan Lingkungan Agar Senantiasa Aman untuk Generasi Mendatang

Mari Hijaukan Lingkungan Agar Senantiasa Aman untuk Generasi MendatangSemakin padatnya pemukiman umat manusia, membuat persentase ruang terbuka hijau semakin menyempit dari waktu ke waktu. Hal ini diperparah dengan semakin tingginya ego manusia untuk menghabisi pepohonan di hutan-hutan kita, hanya untuk kepentingan materi semata.

a

Mereka tidak pernah memikirkan bagaimana dampak ke depan dari perbuatan yang telah dilakukannya bagi anak cucu mereka sendiri. Bahkan pemerintah pun saat ini tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi maraknya penebangan hutan secara liar ini, karena memang biasanya proses penebangan itu sendiri dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Akibat penebangan hutan

Akibat dari semakin menipisnya pepohonan yang berada di hutan, saat ini sudah banyak perubahan negatif yang bisa kita rasakan. Mulai dari munculnya bencana alam longsor yang saat ini sering kita lihat di televisi, hingga dampak secara luas yaitu semakin meningkatnya pemanasan secara global.

Bahkan hingga saat ini sudah banyak berbagai ekosistem yang ada di hutan tersebut mengalami kepunahan hanya karena tempat tinggal mereka telah dirusak dan dihabisi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Manfaat penghijauan

Dengan melihat hebatnya dampak yang ditimbulkan oleh semakin menyempitnya ruang terbuka hijau ini, maka saat ini sangat dituntut kesadaran kita untuk mulai mengawali lagi proses penghijauan yang dahulu dilakukan oleh para nenek moyang kita. Penghijauan tidak hanya akan memberikan pemandangan yang sejuk dan asri, namun lebih jauh dari itu manfaat yang bisa diperoleh adalah:

  • Mengurangi dampak polusi udara yang saat ini sudah sangat sulit ditolerir, baik itu dari hasil proses industri maupun hasil pembuangan gas kendaraan kita,
  • Mengurangi dampak dari efek rumah kaca, yaitu proses berkumpulnya gas karbondioksida di udara yang bisa melubangi atmosfer bumi,
  • Menjaga kesinambungan populasi dari ekologi yang ada di bumi, sehingga terjadi keseimbangan dalam rantai kehidupan,
  • Mempertahankan kualitas air tanah, sehingga aman ketika akan dikonsumsi kembali oleh manusia,
  • Menjaga suplai pupuk alami yang dihasilkan oleh daun-daun dari pohon yang kita tanam, sehingga membuat kesuburan tanah tetap baik.

Cara penghijauan paling mudah

Mungkin orang akan berpikir sangat sulit untuk mengembalikan proporsi alam yang sudah terlanjur timpang ini, namun bila kita mempunyai pikiran positif, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Penghijauan yang paling mudah adalah dengan menanam pepohonan rindang di sekitar rumah kita, berapapun itu jumlahnya. Bila semua orang berpikiran yang sama dengan kita, bisa kita bayangkan betapa hijaunya lingkungan kita dan tentu saja akan membawa efek positif bagi tubuh kita.

Pasokan oksigen yang dihasilkan oleh zat hijau daun pada tanaman, merupakan sebuah limpahan nafas tak berbayar bagi tubuh kita agar tetap bermetabolisme dengan sempurna. Generasi kita pun secara otomatis juga akan menikmati rasa aman terhadap lingkungan yang sejuk dan juga bersahabat tersebut sehingga baik untuk pertumbuhannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Mari Hijaukan Lingkungan Agar Senantiasa Aman untuk Generasi Mendatang

  1. Pingback: Selamatkan Bumi, Stop Global Warming! | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *