Mari Kunjungi Museum-Museum ini saat Berlibur ke Solo

Museum merupakan suatu tempat menyimpan benda-benda bersejarah maupun kumpulan benda-benda unik lainnya. Masing-masing daerah pasti mempunyai beberapa Museum yang dijadikan tempat wisata andalan dari suatu daerah. Di Kota Solo, terdapat beberapa Museum yang menyimpan benda yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Berikut ini adalah beberapa Museum yang menjadi tempat favorit wisatawan lokal maupun asing ketika berlibur ke Solo.

1. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka merupakan museum yang terletak di Kota Solo yang didirikan pada tahun 1890 pada masa pemerintahan Pakubuwono IX. Namun, letak museum yang terdahulu berbeda dengan yang sekarang karena pada tahun 1913 Museum Radya Pustaka dipindah tempatkan ke Jalan Slamet Riyadi. Museum Radya Pustaka memiliki koleksi benda-benda bersejarah yaitu berbagai macam arca, wayang kulit, benda pusaka, dan buku-buku kuno.

f 79

Ketika memasuki halaman Museum  Radya Pustaka, terdapat sebuah patung dari R. Ng. Rangga Warsita. R. Ng. Rangga Warista adalah seorang yang ahli membuat puisi dan pantun, yang sangat terkenal pada abad ke 19. Lalu di sekitar Museum  terdapat meriam-meriam kecil yang berasal dari abad ke 17 dan ke 18. Selain itu terdapat juga arca-arca hindu-budha diantaranya arca Dewi Durga, Boddhisatwa dan Siwa.

Dibagian Barat Museum Radya Pustaka, terdapat sebuah patung kayu kepala raksasa yang dibuat oleh Pakubuwono V. Patung ini dianggap keramat dan oleh pengurus Museum Radya Pustaka, rutin dikasih sesajian.

2. Museum Pers

Museum pers terletak di jalan Gajah Mada, Surakarta. Museum ini didirikan pada tahun 1978 yang merupakan museum khusus pers nasional Indonesia. Koleksi yang dimiliki adalah berbagai macam  benda yang berhubungan dengan dunia pers yaitu koran dan majalah dan benda-benda bersejarah bagi pers Indonesia.

f 80

Di dalam museum ini terdapat perpustakaan yang bisa kita masuki, dan juga banyak koran dari jaman dahulu yang dapat anda baca. Museum ini sangat ramai dikunjungi oleh pelajar dan orang-orang  yang penasaran tentang sejarah pers di Indonesia.

3. Museum Batik Kuno Danar Hadi

Museum Batik Kuni Danar Hadi didirikan oleh perusahaan batik dari Solo yaitu PT Batik Danar Hadi di tahun 2008. Di dalam Museum Batik Kuno Danar Hadi, terdapat berbagai macam koleksi batik kuno khas Solo. Koleksi batik di Museum Batik Kuno Danar Hadi berjumlah sangat banyak yang pernah mendapat rekor MURI, yaitu sebayak 10.000 batik.

f 81

Salah satu  koleksi batik yang menarik adalah koleksi batik Belanda, yaitu sebuah batik yang motifnya terpengaruh dari budaya Eropa. Pada waktu, batik ini dibuat oleh orang-orang Belanda yang menetap di Indonesia pada jaman penjajahan.

4. Museum Keraton Surakarta

f 82

Museum Keraton Surakarta terletak di dalam kawasan Keraton Surakarta. Di dalam museum ini terdapat benda-benda bersejarah peninggalan Keraton Surakarta diantaranya alat masak abdi dalem, senjata-senjata kuno yang digunakan kerajaan saat peperangan, foto-foto keluarga kerajaan, dan peralatan kesenian.

Bagi anda yang menyukai sejrah, sempatkan waktu untukmengunjungi museum-museum ini di Solo.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *