Masalah-Masalah yang Dialami Anak Tentang Kesehatan Gigi

Anak kecil selalu memiliki permasalahan tentang gigi dan mulut seiring proses pertumbuhannya. Di bawah ini ada beberapa masalah umum yang dialami anak tentang kesehatan gigi dan mulut.

s 178

  1. Baby Bottle Tooth Decay;

atau yang biasa disebut dengan karies gigi dini adalah karies gigi sebagai akibat dari terpaparnya gigi oleh minuman yang mengandung gula (seperti jus buah, susu, dan air yang mengandung gula) dalam jangka waktu lama.

Bersamaan dengan makanan tersebut, gula diurai oleh bakteri dalam mulut menjadi senyawa asam. Lalu, asam tersebut menyerang email gigi dan menyebabkan karies.

  1. Mengemut Jempol;

Hal ini sangat sering ditemui pada seorang anak bayi. Biasanya bayi yang sedang dalam proses tumbuh akan cenderung memiliki kebiasaan mengemut jempolnya sendiri. Pada umumnya, hal ini tidaklah perlu dilarang, kecuali anak sudah tumbuh sedemikian besar di usia-usia selanjutnya.

Ketika gigi permanen pada bayi sudah mulai tumbuh, mengemut sesuatu secara sering dapat menganggu pertumbuhan gigi dan dapat juga menciderai jempolnya sendiri. Selain itu, kebiasaan mengemut jempol dapat mengakibatkan gangguan berbicara dan pola mengunyah makanan ketika dewasa.

  1. Tongue Thrusting;

Ini adalah kebiasaan menempatkan lidah di posisi yang salah saat menelan suatu makanan. Hal ini terjadi ketika lidah bagian atas menekan bibir saat mulut tertutup. Sebagian besar anak kecil melakukan kebiasaan ini. Dalam jangka panjang kebiasaan tongue thrusting dapat menganggu pertumbuhan gigi dibagian depan.

  1. Lip Sucking;

Ini adalah kebiasaan menahan bibir bagian bawah dan menempatkannya di bawah bibir. Sama seperti tongue thrusting yang barusan dibahas, kebiasaan lip sucking dapat menganggu perkembangan bicara, kebiasaan makan, dan menimbulkan luka pada bibir.

  1. Gigi Susu Copot Terlalu Cepat;

Jika seorang anak kehilangan gigi susunya sebelum gigi dewasanya siap untuk tumbuh, hal itu biasanya disebabkan oleh gigi yang rapuh atau berlubang. Jika dibiarkan tanpa perawatan, lubang tempat gigi dewasa yang belum siap tumbuh bias terdesak oleh gigi susu lain yang masih ada.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa masalah yang sering dialami anak kecil berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut. Kunjungi dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut anak Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *