Masjid Paling Tersohor di Cina

Masjid mulai didirikan di Cina pada zaman pendudukan dinasti Tang (618-907) ketika agama Islam pertama kali dibawa masuk ke Cina oleh para pedagang Arab. Masjid – masjid yang didirikan sebelum dinasti Ming (1368-1644) mengikuti gaya arsitektur Arab.

Pada tahun – tahun setelahnya, yaitu pada dinasti Ming dan Qing (1644-1911), masjid-masjid mulai didirikan dengan mengikuti bentuk arsitektur Cina. Di bawah ini ditampilkan beberapa masjid yang paling terkenal  di  Cina.

  • Masjid Niujie

s 98

Masjid Niujie merupakan salah satu masjid tertua di Beijing. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan dinasti Liao (907-1125) dan direkonstruksi kembali dan diperlebar sebanyak tiga kali pada tahun-tahun setelahnya.

Masjid Niujie merefleksikan campuran desain arsitektur Cina dan Islam. Di bagianl uar, sangat jelas ornamen-ornamen Cina terpasang. Namun, di bagian dalam masjid ornamen-ornamen merupakan gabungan antara Islam dan Cina.

  • Kowloon Islamic Center

s 99

Masjid ini terletak di sebuah komplek peribadatan umat Islam yang terintegrasi di Hong Kong. Masjid ini sangat megah dan indah dengan atap berwarna merah muda dan kubah besar putih. Masjid ini didesain oleh I.M. Kadri dan mampu mengakomodasi sekitar  3.000  jemaat.

  • Masjid Idgar

s 100

 Masjid Idgar berlokasi di sebuah kompleks peribadatan umat muslim Provinsi Xinjiang. Desain dengan sebuah gerbang yang tinggi dan megah merupakan cirri khas masjid ini. Dialek local melafalkan “Idgar” sebagai sebutan untuk tempat suci.

  • Masjid Raya Xi’an

s 101

Masjid Raya Xi’an merupakan masjid terbesar di Cina. Masjid ini juga merupakan masjid yang memiliki nilai historis sangat tinggi dalam peradaban Cina. Pembangunan konstruk sinya dimulai pada tahun 742 dan merperesentasikan kombinasi epic arsitektur Cina dan seni agama Islam.

  •  Masjid Raya Dongguan

s 102 Terletak di Provinsi Qinghai, Masjid Raya Dongguan juga memiliki area dan luas bangunan yang sangat luas. Desain arsitekturnya merupakan kombinasi tradisional Cina dan juga nuansa Arab dengan menonjolkan kesan megah pada penampakan luarnya.

Masjid Raya Dongguan memiliki kapasitas hall utama yang dapat menampung lebih dari 3,000 orang. Masjid ini sekarang juga menjadi pusat pendidikan dan pembelajaran tentang agama Islam di Cina.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah lima masjid yang paling tersohor di Cina. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya kelak? Selamat Beribadah sekaligus berwisata!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *