Mau Tahu Perbedaan dan Persamaan Asteroid dan Komet, Ini Dia

Alam semesta begitu luas membentang, menyimpan sejuta misteri yang beberapa di antaranya belum terpecahkan oleh umat manusia. Di dalam dunia astrologi, banyak benda-benda asing yang ditemukan. Beberapa di antaranya adalah asteroid dan komet.

a 64

Agar lebih paham mengenai perbedaan dan persamaan antara asteroid dan komet, Anda perlu membuka wawasan dengan menyimak ulasan di bawah ini:

Persamaan asteroid dan komet

Persamaan antara asteroid dan komet salah satunya adalah ukuran yang relatif kecil. Keduanya merupakan benda-benda asing yang berada di luar angkasa dan bergerak menjelajah semesta. Bahan-bahan mineral, debu dan gas juga ditemukan dalam keduanya.

Bahkan, para peneliti percaya bahwa asteroid dan komet adalah sejumlah unsur-unsur yang membantu dalam pembentukan planet bumi. Dilansir dari situs Vivanews, asteroid maupun komet yang menabrak bumi pada jutaan tahun lampau, telah memberikan material atau bahan untuk memulai kehidupan di planet bumi.

Perbedaan asteroid dan komet

Dari segi mobilitas, asteroid dan komet memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Menurut para ahli di Lembaga Antariksa NASA, asteroid merupakan benda yang tidak aktif. Sementara, komet bergerak sangat cepat, aktif bahkan terkadang membentuk ekor dari partikel debu dan gas karena kecepatan pergerakan yang luar biasa.

Di sisi lain, asteroid juga mengorbit pada matahari. Sedangkan, komet tidak mengorbit pada planet apa pun. Ia justru mendekati sumber panas matahari dan mendapatkan “ekor” lantaran partikel debu dan gas komet yang menjuntai saat bergerak sangat cepat terkena paparan sinar matahari.

Baca Artikel Lainnya :

Pada intinya, asteroid merupakan benda asing dalam bentuk batu. Sedangkan, komet adalah gas yang sangat panas. Kedua benda asing ini sesekali pernah jatuh dan mendarat di bumi meninggalkan materi-materi penting sebagai penyusun kehidupan di planet bumi miliar tahun yang lalu.

Mulai dari lautan, bebatuan hingga iklim yang ada di planet bumi sampai saat ini adalah akibat dari “tabrakan” dari asteroid, komet maupun benda-benda luar angkasa lainnya yang pernah jatuh ke bumi.

Satu lagi misteri perbedaan dan persamaan antara komet dan asteroid sudah Anda ketahui. Mudah-mudahan menambah wawasan Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *