Mekanisme Penyerapan Hara oleh Akar

Mekanisme Penyerapan Hara oleh Akar – Unsur hara yang diperuntukkan untuk tanaman terdiri atas 3 kategori. Tersedia dari udara itu sendiri, antara lain karbon, karbondioksida, oksigen. Ketersediaan air yang cukup pun juga perlu, hidrogen yang akan diserap oleh tanaman, tanah yang memiliki beberapa unsur hara yang cukup jika dilihat dari hara esensial. Dan proses oksidasi sendiri akan menghasilkan oksigen.

j2

Penyerapan hara oleh akar sendiri terbagi menjadi 3 cara yaitu intersepsi atau yang umum dikenal dengan penyerapan akar, aliran massa atau mass flow, dan difusi. Intersepsi akar memang berbeda dengan 2 mekanisme lainnya. Mekanisme ini gerakan akar pada tanaman yang akan memperpendek jarak dengan keberadaan pada unsur hara. Hal ini bisa terjadi karena akar tanaman tumbuh dengan panjang. Dan jangkauan akar pun akan semakin luas. Dan perpanjangan akar inilah yang akan menjadikan permukaan akar lebih mendekati dimana unsur tersebut ada. Unsur hara yang ketersediaannya sangat besar pada mekanisme ini adalah kalsium dengan 28,6%.

Aliran massa ialah gerakan unsur hara dari dalam tanah menuju ke akar secara bersamaan dengan pergerakan massa air. Perlu kita ketahui selama mengalami proses hidup, tanaman mengalami peristiwa transpirasi atau biasa yang disebut dengan proses penguapan air. Pergerakan masa air sendiri ke akar karena dari serapan air akan terangkut langsung membawa unsur hara. Pada mekanisme ini dikenalah aliran massa. Unsur hara yang ketersediaannya bagi tanaman-tanaman melalui mekanisme ini adalah nitrogen, kalsium, Mo, Belerang.

Difusi sendiri adalah tingginya konsentrasi unsur hara. Peristiwa difusi terjadi karena adanya konsentrasi yang berbeda pada unsur hara. Unsur hara mempunyai konsentrasi yang amat tinggi dan bergerak menuju ke akar. Adanya perbedaan ini dikenalah dengan mekanisme secara difusi. Ketersediaan unsur hara yang melalui akar pada tanah bisa terjadi melalui mekanisme hal perbedaan konsentrasi. Konsentrasi unsur hara pada tanah memang lebih rendah jika kita bandingkan dengan konsentrasi dara dalam larutan tanah sendiri. Ketiga jenis mekanisme ini memang berbeda antara satu dengan yang lain, namun unsur hara yang tersedia memiliki kesamaan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *