Melihat Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya

Melihat Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya – Tumbuhan selalu diidentikkan dengan beberapa bagian, diantaranya adalah batang, akar bunga dan juga buah, meskipun tak semua jenis tumbuhan memilikinya, hanya beberapa jenis tertentu yang memang tergolong sebagai tumbuhan sempurna.

a

Seperti halnya sebuah bunga, mungkin anda sering kali menemui bahwa banyak diantara tumbuhan yang pastinya menghasilkan bunga, entah itu yang ukurannya besar maupun kecil, namun untuk jenis dan juga bagian-bagiannya sendiri juga berbeda, apalagi tak semua jenis bunga tersebut nantinya akan dapat menghasilkan buah melalui penyerbukan yang dilakukan.

Ternyata tiap dari bagian-bagian bunga tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang bermacam-macam, bergantung juga pada jenis yang menghasilkan, di satu sisi bisa menghasilkan buah, namun disisi yang lainnya akan mekar dan layu begitu saja. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan juga fungsinya, yaitu:

  • Tangkai, bagian yang satu ini bisa dilihat dan juga dipegang secara langsung, berada di bagian paling bawah yang biasanya berfungsi untuk menyokong bunga tersebut agar tetap berdiri tegak, selain itu tangkai ini juga berfungsi sebagai penghubung antara bunga dan bagian batangnya.
  • Mahkota , bagian mahkota menjadi yang paling indah dan terkadang menguarkan aroma yang beragam. Sebagian bagian terluar tak heran jika dikatakan sebagai mahkota karena keindahan bisa terpancar dari sini, umumnya memiliki pigmen warna yang beragam dengan berbagai macam corak.
  • Kelopak, bagian ini memiliki fungsi sebagai peling, yaitu melindungi mahkota bunga sebelum nantinya mekar atau masih dalam bentuk kuncup, namun pada saat sudah waktunya mekar akan memisah menjadi beberapa bagian dan memberikan ruang pada bunga untuk mekar.
  • Benang sari, memang tak semua jenis bunga memiliki ini, apalagi untuk bunga yang memang tidak akan menghasilkan buah, namun pada jenis bunga sempurna tetap ada meskipun tak berfungsi sebagaimana mestinya, benang sari sendiri dikatakan sebagai alat kelamin jantan.
  • Putik, bagian ini dikelilingi oleh alat kelamin jantan dan areanya sendiri juga berada di tengah-tengah, berfungsi sebagai alat kelamin betina, dimana nanti saat ada penyerbukan akan benang sari akan masuk secara langsung pada putik dan menghasilkan pembuahan dalam berbagai macam bentuk.

Dengan melihat dari kesemua bagiannya sendiri nantinya anda bisa membedakan antara bunga yang sempurna dan juga yang tidak, bunga sempurna adalah bunga yang memiliki semua bagian tersebut, meskipun alat kelamin hanya satu, sedangkan untuk bunga yang tak sempurna merupakan bunga yang tidak memiliki salah satu bagiannya.

Selain bunga sempurna dan juga tidak juga ada bunga yang dikatakan sebagai hermafrodit atau memiliki kedua jenis alat kelamin tersebut. Bunga sempurna seperti mawar, bunga sepatu, bunga matahari dan yang lainnya, sedangkan untuk bunga tak sempurna seperti bunga kelapa, pepaya maupun salak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Melihat Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya

  1. Pingback: Jaringan Epidermis pada Tumbuhan Beserta Fungsinya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *