Memahami Peristiwa Sintesis Protein dalam Tubuh Makhluk Hidup

Memahami Peristiwa Sintesis Protein dalam Tubuh Makhluk Hidup – Protein merupakan salah satu kebutuhan setiap makhluk hidup untuk bisa bertahan hidup sebab juga menjadi sumber energi. Bagi manusia protein adalah unsur nutrisi yang tidak boleh diabaikan dan wajib didapatkan dari sumber luar tubuh.

Untitled

Caranya ialah mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein sehingga kebutuhan protein tubuh bisa terpenuhi. Perlu diketahui bahwa protein adalah salah satu materi penyusun tubuh terbesar usai cairan. Kekurangan protein dapat mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal bagi keberlangsungan hidup manusia itu sendiri.

Protein terdapat di dalam sel tubuh dan tersebar secara merata dalam jumlah yang sulit diketahui dengan pasti saking banyaknya. Unsur protein di dalam tubuh akan menjalin kerjasama dengan unsur penting atau molekul lainnya.

Peran dan fungsi protein sangat besar dan agar bisa berjalan dengan semestinya maka protein memiliki beberapa bentuk aktivitas. Sintesis protein adalah salah satu aktivitas yang dilakukan unsur protein untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan normal.

Memahami proses sintesis protein

Secara sederhana sintesis protein dapat diartikan sebagai proses mencetak senyawa protein lain yang berlangsung di dalam tubuh sel. Protein memiliki beberapa kandungan yang utamanya berbentuk sebagai enzim, keberadaan enzim inilah yang kemudian menjadikan protein sebagai pengendali.

Protein memiliki sifat mampu mengendalikan dan juga menumbuhkan karakter di dalam tubuh makhluk hidup, salah satunya adalah manusia. Sifat enzim yang dimiliki bisa dikatakan kuat namun bisa pula dikatakan lemah. Hal ini dipengaruhi oleh urutan dan juga jenis asam amino yang menyusun suatu protein.

Membicarakan mengenai proses sintesis protein maka Kita akan membahas mengenai tahapan proses ini. Adapun tahapan atau langkah dalam sintesis protein ialah dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Transkripsi Protein

Transkripsi protein ditandai dengan adanya kegiatan penyalinan data yang dimiliki oleh rantai DNA dan akan dilakukan duplikasi. Proses penyalinan ini terjadi di dalam inti sel dan diawali dengan adanya aktivitas pembukaan terhadap rantai DNA.

Pembukaan rantai DNA ini dilakukan oleh enzim Halikase, kemudian menyusul terjadinya penempelan enzim Polimimerase di dalam Promotor. Setelahnya enzim Polimerase menyalin kode genetis yang dimiliki oleh rantai sense DNA hingga sampai pada bagian basa nitrogen.

Sesampainya di bagian ini maka proses menyalin kode DNA atau transkripsi akan berakhir dan berlanjut ke tahap sintesis selanjutnya. Hasil dari proses penyalinan ini adalah mRNA yang memiliki muatan kode sesuai muatan rantai DNA yang disalin.

Usai proses penyalinan selesai maka mRNA akan bergerak menjauhi inti sel dan menuju ke Sitoplasma. Sitoplasma ini kemudian akan menjadi lokasi atau tempat berlangsungnya tahap translasi protein.

  1. Translasi Protein

Sesuai dengan namanya tahap translasi adalah tahap menerjemahkan serangkaian kode yang dibawa oleh kondon atau mRNA dari inti sel. Hasil terjemahan kode ini akan menghasilkan sebuah senyawa yang disebut senyawa asam amino.

Asam amino yang memiliki kecocokan dengan mRNA yang masuk ke Sitoplasma akan membentuk gugusan. Gugusan yang terbentuk ini disebut dengan gugu Peptide yang kemudian akan menjadi protein.

Penerjemahan dapat terjadi dengan baik tidak terlepas dari peran Ribosom, sebab Ribosom lah yang melakukan penerjemahan kode tersebut. Ribosom akan melekat pada bagian luar tRNA yang terdapat di dalam Sitoplasma dan kemudian membawa asam amino.

Asam amino yang cocok atau sesuai dengan mRNA dari inti sel akan dilekatkan atau disatukan dan akan membentuk gugu Peptide dan sintesis protein dapat mengolah protein sesuai fungsinya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *