Memahami Sekilas Tentang Penjelasan Organ Pernafasan Manusia

Memahami Sekilas Tentang Penjelasan Organ Pernafasan Manusia – Bernafas selalu dilakukan oleh manusia di muka bumi ini, oleh karena itu memang diperlukan untuk memahami sekilas tentang penjelasan organ pernafasan manusia.

Sistem Pernafasan ini merupakan sistem yang ada di tubuh yang berfungsi menghasilkan energy untuk proses kehidupan ini.

Untitled

Kemudian apa saja yang bertugas dalam fungsi pernafasan dan terdiri dari apa sajakah organ pernafasan terseut, berikut uraiannya:

HIdung

Merupakan salah satu organ pernapasan manusia yang digunakan untuk menghirup oksigen. Dimana oksigen masuk memlalui rongga hidung dan kemudian oksigen tersebut berikatan dengan darah dan mengalir ke tubuh.

Selain untuk bernafas, juga berfungsi sebagai inddera penciuman untuk membedakan mana yang berbau gas dan bukan,sehingga tidak keracunan.

Tenggorokan

Merupakan bagian dari sistem pernafasan tahap kedua setelah hidung. Dimana udara masuk melalui faring dan akan menggetarkan pita suara, namun berbeda jalur dengan pernapasan.

Ketika bernafas laring akan membuka dan ketika makanan melewati tenggorokan laring menutup.

Batang tenggorokan

Memiliki bentuk seperti pipa, dimana letaknya sebagian dileher dan terdapat pula di rongga dada. Didalamnya terdapat rongga bersilia yang fungsinya mampu menyaring benda-benda asing yang masuk lewat saluran pernapasan.

Terdapat tiga lapisan dalam tenggorokan, yaitu lapisan dalam, lapisan tengah dan juga lapisan luar.

Pangkal tenggorokan

Bagian ini berbentuk saluran yang dikelilingi oleh tulang rawan yang membentuk sebuah jakun bila pada pria. Sistem saluran ini menutup otomatis jika sedang bicara sehingga makanan tidak masuk ke paru-paru.

Cabang tenggorokan

Merupakan cabang dari batang tenggorokan. Jumlahnya ada dua atau sepasang, dimana ada yang menuju paru-paru kiri cabangnya dan satu cabang lagi kekanan.

Paru-paru

Merupakan bagian inti dari sistem pernapasan, karena manusia bernapas juga haru menggunakan paru-paru. Paru-paru memiliki dua bagian, sebelah kiri dan kanan.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan mengetahui sekilas tentang penjelasan organ pernapasan, diharapkan kita selalu menjaga kesehatan pernapasan khususnya organ-organ didalamnya agar tetap dapat bernafas selamanya. OLeh karena itu disarankan jangan merokok karena untuk kebaikan bersama.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *