Membuat Dan Mencicipi Minuman Herbal Thai Tea Khas Orang Thailand

Rasa Thai Tea yang kaya akankandungan rempah tapi tidak berasa pedas atau sepat, hanya manis dan segar layaknya rasa teh biasa tapi tak mempengaruhi warna dan kesehatan gigi.

Namun berasa sedikit asam karena kandungan sari buah tamarind di dalamnya memang bikin anda ketagihan minum minuman herbal khas orang Thailand ini.

o 3

Di Indonesia, harga minuman herbal Thai Tea ala koki Indonesia adalah lumayan mahal, hanya tersedia di resto – resto mewah yang khusus menyediakan masakan Asia dan sudah mengalami modifikasi dengan beragam pengembangannya yang terbaru.

Sekedar info, di pulau Dewata, Bali, Indonesia, segelas minuman ini di kafe atau resto masakan Thailand terdekat dibandrol dengan harga rata – rata Rp. 12.000 – Rp. 15.000 per gelasnya, tapi anda jangan merasa khawatir tidak bisa menikmati minuman herbal yang berasa enak ini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya ternyata sangat mudah dengan bahan – bahan mudah diperoleh di dapur anda dimana pada akhirnya anda tetap bisa menikmati kesegaran segelas Thai Tea ala aslinya tanpa menyiksa kantong dengan harga yang mahal.

Ini bahan – bahan yang anda perlukan :

  • Satu kantung teh hitam ( bisa dibeli di supermarket ).
  • Air panas secukupnya.
  • Evaporated milk ( bisa juga menggunakan santan kelapa kental ).
  • Gula pasir secukupnya.
  • Es batu yang sudah diserut secukupnya.
  • Bunga lawang kering secukupnya ( rempah yang berbentuk seperti bunga kecil ).
  • Bubuk kayumanis secukupnya.

Cara membuat Thai Tea Thailand :

  • Taruh satu kantung teh hitam dan gula sesuai selera pada gelas saji ukuran besar. Kemudian, seduh teh hitam memakai air mendidih agar gula larut bersama dengan air panas sebanyak sekitar 3/4 gelas saja. Biarkan kantung teh terendam selama sekitar 30 menit. Semakin pekat tehnya, maka akan semakin enak hasilnya nanti.
  • Tambahkan susu sampai gelas terisi penuh. Masukkan ke dalam gelas blender, kocok hingga berbusa, lalu tambahkan bunga lawang dan bubuk kayumanis untuk rasa rempahnya yang sangat kuat. Tuang kembali ke dalam gelas saji yang lainnya dan dinginkan. Agar makin segar, anda dapat menambahkan es batu yang sudah diserut ke atas gelas saji. Maka Thai Tea Thailand bisa diminum.

Pengenalan Teh Sebagai Budaya Kuliner Warga Thailand.

Apakah anda mengetahui bahwa asal mula tanaman penghasil teh dibawa pertama kali ke selurug dunia termasuk Indonesia oleh seorang bangsawan kaya – raya berkebangsaan Jerman bernama Andreas Cleyer ?

Tanaman yang bernama latin Camellia Sinensis ini ditanam pada tahun 1684 sebagai tanaman hias karena bentuknya bagus dan unik seperti bonsai alami.

Dikabarkan, pada tahun 1694, seorang warga Thailand secara kebetulan melintas di depan rumah gubernur jenderal VOC, ia kebetulan melihat satu tanaman unik dan sangat indah yang belakangan hari dikenal dengan nama tanaman Teh jenis Sinensis tumbuh subur di halaman rumah gubernur jenderal VOC.

Baru pada abad ke 18 mulailah dikenalkan tanaman teh kepada petani besar di Thailand untuk kemudian dilanjutkan dengan mendirikan pabrik – pabrik pengolahan teh yang didukung oleh pemerintahan setempat.

Saat ini teh sudah menjadi minuman yang populer bagi masyarakat dunia karena selain rasanya yang menyegarkan, teh diketahui banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Didukung oleh jumlah pasar yang besar dan mudah ditemui dimanapun, membuat banyak orang suka berkecimpung untuk membangun usaha di dunia minuman teh.

Tercatat beberapa pengusaha diawal mereka memulai bisnis hanya bermodalkan beberapa juta saja tetapi dapat melejit meraup keuntungan dalam puluhan hingga ratusan juta karena keahlian mereka dalam mengolah daun teh menjadi minuman mahal yang bercitarasa unik dan segar sehingga disukai oleh banyak orang.

Baca Artikel Lainnya :

Pada tahun 2011 yang lalu, perusahaan minuman Teh Bubble terbesar di Inggris melebarkan sayap perusahaannya hingga ke Thailand dimana mereka berhasil melakukan persaingan dengan membeli paket franchise seharga sekitar Rp. 6 juta dan mulai membuka usaha ini yang berhasil menjual minuman olahan teh hingga mencapai penjualan 100 cup per harinya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *