Membuat Kebun Sebagai Hutan Pribadi

UntitledMembuat Kebun Sebagai Hutan Pribadi – Hutan merupakan salah satu kekayaan alam, yang biasanya berada di area tertentu dalam luas yang begitu luas. Tetapi, Anda pun bisa menjadikan sebuah Hutan buatan tersendiri dengan luas yang relative, yang mana dalam sebuah lahan seperti Kebun. Bila Kebun ialah tempat dimana tanaman kecil atau sejenis palawija tertanam, namun Anda bisa menanam beberapa tumbuhan yang biasanya tumbuh di Hutan. Sebenarnya, Hutan pun ditumbuhi oleh aneka tanaman yang tak jauh berbeda dengan kebun. Tetapi yang bisa lebih menjadikan khusus ialah Hutan tersebut lebih pada kekayaan milik bersama, tetapi Kebun lebih milik pribadi.

Sekalipun begitu, Nada tetap bisa membuat Hutan sebagai milik sendiri, dimana dalam tanah tersebut ialah sebuah Kebun, yaitu dengan:

  • Menjadikan Kebun yang biasanya ditanami oleh tanaman kecil atau sayur mayur ditanami oleh tumbuhan besar.
  • Menanami Kebun tersebut dengan tumbuhan yang bisa dipanen dalam jangka panjang, seperti pohon jati, glugu, mahoni, dsb.
  • Menjadikan lahan tersebut sebagai Hutan lindung yang ditanami oleh beberapa pepohonan yang hidupnya bisa tidak mendapatkan perawatan secara rutin. Dalam artian tak perlu disirami setiap hari seperti tanaman biasa.

Dari langkah tersebut, Anda pun bisa menciptakan sebuah Hutan alami yang berasal dari Kebun Anda sendiri. Langkah tersebut sangat cocok bagi Anda yang mempunyai lahan luas, tapi tak tahu harus bagaimana untuk merawatnya. Terlebih lagi bila ditanami oleh beberapa tanaman yang harus dirawat setiap hari, padahal Anda tinggal di luar kota atau pergi merantau. Tentu saja Anda bisa mengubah kebun tersebut menjadi Hutan lindung yang terlebih dahulu ditanami oleh tanaman berat seperti pohon-pohon tersebut. Memilih tanaman itu karena tak perlu membutuhkan perawatan teratur ataupun ekstra. Sebagai hasil panennya saat tumbuhan itu telah berumur beberapa tahun. Yaitu dipanen dari batangnya saja.

Bila Anda bukan seorang perantau, menciptakan Hutan tersebut pun bisa dan sama-sama mendapatkan keuntungan dan juga manfaat. Yaitu seperti menabung tapi dalam bentuk pepohonan, bilamana Anda bisa mengimbangi beberapa tanaman kecil diantara ataupun disela-sela tumbuhan besar tersebut. Sehingga, tumbuhan tersebut hidup berdampingan dan juga Anda bisa memanennya dari waktu yang relative cepat atau panen dalam jangka bertahun-tahun ke depan.

Dapat dikatakan bahwa bila ada kemauan, Anda pun bisa menciptakan Hutan alami atas lahan yang Anda miliki. Sebagai Hutan yang aman dan juga memberikan perlindungan bagi Anda dan juga bagi alam. Karena pepohonan besar dari tanaman yang hidup di Hutan mampu memberikan perlindungan yang efektif bagi alam, seperti memiliki akar yang kuat dengan fungsi menyimpan air hutan. Lalu bisa mencegah adanya tanah longsor dan banjir, terutama di musim penghujan. Dengan begitu, manfaat Hutan alami tersebut berpengaruh pada diri Anda sendiri dan juga umat yang lain serta bagi alam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Membuat Kebun Sebagai Hutan Pribadi

  1. Pingback: Menjaga Hutan Milik Bersama | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *