Memperbayak Tanaman Hias Lidah Mertua

Memperbayak Tanaman Hias Lidah Mertua – Lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama lain Sansevieria ini biasanya dijadikan sebagai aksen penghias ruangan ataupun halaman rumah. Tanaman jenis ini dipilih karena selain indah juga memiliki ketahanan yang tinggi.

Untitled

Menurut informasi yang kami dapat bahwa tanaman hias lidah mertua ini dapat hidup di tempat-tempat yang minim air serta cahaya. Jadi sangat tepat apabila diletakkan di dalam ruangan. Tanaman yang satu ini memiliki ciri-ciri daun yang keras dan tegak serta ujunganya yang runcung. Mungkin itulah sebab mengapa tanaman yang satu ini dinamai dengan lidah mertua.

Selain bentuknya yang cantik, sebenarnya tanaman hias ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah mampu mengobat penyakit wasir, kencing manis, sampai dengan kanker. Selain itu tanaman hias lidah mertua juga terbukti ampuh dalam menyerap racun di udara dan menghilangkan bau tak sedap dari perabitan rumah tangga. Jadi sangat tepat apabila diletakkan di dalam ruangan.

Karena banyak sekali manfaatnya, banyak orang yang ingin mencoba membudidayakan tanaman ini di rumahnya. Sebenarnya untuk melakukan budidaya tanaman hias lidah mertua tidaklah sulit. Malah bisa dibilang lebih mudah dibanding dengan budidaya jenis tanaman hias yang lainnya. Bagi anda yang penasaran bisa langsung simak baik-baik ulasan berikut.

Untuk memperbanyak tanaman hias lidah mertua ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara termudah dan efektif adalah dengan melakukan pencacahan. Ya, pencacahan terhadap indukan tanaman lidah mertua bisa digunakan untuk mendapatkan bibit tanaman. Bibit tanaman tersebut ditanam sampai tumbuh besar, dan hasilnya juga masih bisa dicacah kembali untuk dijadikan bibit yang baru.

Namun ada beberapa jenis lidah mertua yang tak cocok jika dikembangbiakkan dengan cara dicacah. Jenis lidah mertua tersebut adalah lidah mertua lorek yang memiliki corak warna kuning dan hijau. Apabila jenis ini dicacah maka bibit yang dihasilkan bisa saja tidak sama dengan indukannya. Dan tingkat keberhasilannya juga terbilang lebih rendah.

Setelah tanaman dicacah sebaiknya membungkus bagian bawah cacahan menggunakan tisu yang basah. Tujuannya adalah agar membantu mempercepat tumbuhnya akar sehingga bisa segera ditanam ke media tanam yang telah disediakan.

Selain membungkus bagian bawahnya menggunakan tisu yang basah, setelah itu lakukan penyiraman rutin agar kondisi tempat tetap lembab. Hal tersebut juga dapat membantu dalam proses penumbuhan akar.

Namun pada saat tanaman sudah tumbuh besar, penyiraman tidak perlu terlalu banyak karena malah bisa menyebabkan kebusukan pada tanaman. Jadi lakukan penyiraman secara cukup pada saat tanaman atau media tanam sudah terlihat kering. Bagaimana, mudah sekali bukan? Selamat mencobanya di rumah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *