Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan SehatSetiap orang pasti mempunyai tempat tinggal yang berbeda-beda, entah itu pada area yang berada di pinggiran kota ataupun di tengah pemukiman warga yang lainnya. Dimanapun lokasi Anda berada, terdapat satu hal yang paling penting, yaitu kesehatan dan juga kebersihan dari lingkungan itu sendiri.

Untitled

Karena dari lingkungan yang kotor dan tidak sehat dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya. Bahkan bisa berdampak bukan hanya pada diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Tentu saja hal ini sangatlah merugikan setiap orang. Teruntuk itu, Anda perlu menciptakan lingkungan yang kondusif, bersih dan juga sehat.

Seperti yang kita ketahui, bahwa bersih saja tak cukup. Dari itu saja para kuman dan penyakit bisa menyebarkan penyakit yang lainnya. Pastikan beberapa kebersihan rumah dalam keadaan maksimal dan diimbangi oleh kebersihan lingkungan sekitar yang berada di luar. Langkah tersebut pun mudah, bisa dimulai dari:

  • Rajin membersihkan rumah setiap hari, dari menyapu hingga mengepel lantai.
  • Pastikan Anda memiliki beberapa tanaman sebagai penghijauan di rumah.
  • Bila memiliki hewan piaraan, pastikan kesehatannya selalu terjaga, agar tak menyebarkan virus yang membahayakan kesehatan.
  • Membuang sampah di tempatnya.
  • Membersihkan saluran air.

Beberapa kegiatan tersebut tidaklah mudah, bahkan bisa diterapkan setiap hari sebagai aktifitas yang rutin. Sehingga, kebersihan untuk diri sendiri dan lingkungan pun terjaga. Entah itu pada lingkungan yang paling dekat hingga lingkungan sekitarnya yang memberikan pengaruh pada kesehatan dan juga beberapa aktifitas Anda.

Hal ini pun terhadang memberikan kesulitan tersendiri, bilamana Anda kurang menyadari pentingnya hidup sehat dan bersih untuk menciptakan lingkungan yang memadai. Tetapi itu semua bisa dicegah dengan kesadaran diri, dari besarnya manfaat dan sisi baik dari manfaat tersebut.

Dalam penjagaan lingkungan sekitar ini, Anda bisa memulainya setiap dari, dari pagi hingga sore. Bahkan bisa dimulai dari perawatan diri sendiri, yang nanti bisa memberikan pengaruhnya pada lingkungan sekitar. Berikut ini ialah hal-hal yang turut membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan dan yang lainnya, yaitu:

  • Membersihkan kamar pribadi.
  • Membersihkan ruang di dalam rumah, termasuk ruang kamar mandi, yaitu dengan menjaga kebersihan dari air bak mandi.
  • Membuang sampah setiap hari secara terpisah antara sampah organik dan non organik.

Perlakuan tersebut pun tidaklah sulit, dan akan jauh lebih mudah lagi bila didasari oleh kesadaran diri yang besar. Yaitu manfaat yang baik akan adanya dampak besar dari penjagaan lingkungan pribadi hingga sekitarnya. Bahkan, dalam penjagaan ini pun, Anda bisa menciptakan lingkungan rumah dan sekitarnya lebih nyaman dan harmoni, menjadikan rumah sebagai tempat berlindung nan berteduh. Terlebih lagi, membangun sebuah rumah yang terbebas dari beberapa penyakit yang bisa di sebabkan oleh berbagai penyakit karena kurangnya kepedulian terhadap lingkungan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat

  1. Pingback: Menjaga Kesehatan Diri Sebelum Kesehatan Lingkungan Sekitar | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Mari Hijaukan Lingkungan Agar Senantiasa Aman untuk Generasi Mendatang | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. winar

    lingkungan bersih memang nyaman untuk ditinggali. lebih baik lagi kalau ada gotong royong untuk kebersihan, bisa mengakrabkan antar warga..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *