Mencoba Mencicipi Teh Masala Yang Berasa Hangat Asli Jahe

Teh ini adalah salah satu jenis teh tradisional khas India, dalam bahasa India, masala artinya rempah – rempah yang dicampur dengan minuman olahan yang dinikmati ketika masih panas atau hangat seperti susu, kopi, atau teh.

Mau tahu cara membuatnya ?

n 56

Bahan – bahan yang disediakan adalah : 600 ml susu cair, 1 kantong teh celup, 15 butir kapulaga kering, 1 sdt cengkih bubuk, 1 sdm kulit kayu manis bubuk, 1 sdm jahe bubuk dan 125 ml air panas mendidih.

Cara membuatnya adalah : campur semua bahan dalam air dan biarkan mendidih selama 7 menit. Jika sudah mendidih selama 7 menit, angkat dan saring. Teh masala siap untuk dinikmati dengan cangkir saji dalam kondisi panas atau hangat – hangat kuku.

Mengenal Budaya Ngeteh Ala Orang India.

Masing – masing daerah di India terkenal sebagai budaya ngeteh yang memiliki komposisi bahan tersendiri untuk menghasilkan cita rasa minuman khas yang sangat digemari oleh orang India.

Namun pada umumnya, Masala Chai Tea terdiri dari teh hitam pekat yang dicampur dengan memakai susu sapi murni atau di Eropa ditambahkan susu domba.

Bahan – bahan lainnya yang bagus dimanfaatkan untuk campuran minuman ini adalah rempah – rempah yang umum dimanfaatkan adalah kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, lada hitam, jinten serta beberapa rempah lainnya khs orang India yang juga populer di negara lain termasuk di Indonesia.

Menggunakan saringan khusus dari kain berwarna putih setelah melalui proses pencampuran bahan, pembuat teh biasanya menuangkan Masala Chai Tea dari jarak jauh di atas gelas – gelas saji, serta mengisi semua gelas secara bergantian dengan cara – cara yang unik.

Anda bisa menambahkan bahan pemanis seperti gula atau madu sesuai dengan takaran. Masala Chai Tea bisa ditemukan di sepanjang jalan raya kota Mumbai, namun Mumbai Tea Centre adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk turis asing jika ingn menikmati teh Masala asli orang India yang lezat.

Jika anda adalah salah seorang penggemar teh, perlu diketahui bahwa ada 9 negara yang patut dikunjungi di dunia ini untuk bisa menikmati minuman tradisional China yang berusia sangat tua ini yaitu sekitar 4.000 tahun.

Beraneka teh lokal ala orang China telah tersebar hingga ke mancanegara yang mampu memberikan kejutan citarasa nikmat yang tiada dua dari minuman kesehatan bernama teh ini.

Seperti diketahui bahwa daun teh pertama kali tiba di daerah Shen Nung, Kaisar China yang berkuasa pada tahun 2737 sebelum masehi. Selama ribuan tahun selanjutnya, daun teh menyebar ke berbagai penjuru dunia dengan melalui proses pengolahan yang semakin canggih dari abad ke abad, bahkan berhasil menjadi minuman tradisional setempat yang banyak memiliki penggemar.

Satu jenis pohon teh merah khas China bisa menghasilkan beberapa varietas seperti halnya teh hijau, teh hitam, teh putih, hingga ribuan kombinasi lainnya yang menempatkan teh sebagai minuman termahal dan minuman herbal yang dikenal seantero bumi.

Hal ini tak lepas dari tata cara menanam pohon teh mulai dari pembibitan hingga pemetikan daun menjadi faktor yang memegang peran penting dibalik diversitas jenis tumbuhan ini hingga sukses menjadi salah satu minuman favorit kaum bangsawan di Eropa.

Teh Masala yang dicampur dengan rempah – rempah mungkin akan mampu memicingkan kedua mata anda ketika berani mencobanya saat melihat warna tehnya yang pekat berubah menjadi cokelat susu.

Tak heran jika teh ini juga banyak dijumpai di wilayah Tibet yang terkenal dengan komposisi membuat minuman teh yang unik. Daun teh dituang ke dalam sebuah silinder  bersama garam halus dan mentega yang diolah secara alami. Campuran ini lalu dimasak selama berjam – jam hingga menghasilkan kekentalan serta rasa yang khas.

Iklim dingin khas Tibet membuat para warganya menggemari mengkonsumsi butter tea yang disebut juga dengan nama Po Cha. Rasanya cukup aneh jika anda pertama kali mencobanya, namun minuman ini menjadi terkenal karena ampuh buat pembawa stamina tubuh. Selain menghangatkan, Po Cha juga memenuhi asupan kebutuhan kalori serta membantu menghadapi gejala penyakit ketinggian.

Baca Artikel Lainnya :

Teh Bushells dapat dengan mudah ditemukan hampir di setiap supermarket di seluruh Australia. Namun jika anda berkunjung ke Sydney, anda bisa mencobanya di Top Tea House yaitu teh masala ala orang Australia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *