Mencoba Peruntungan Dalam  Bisnis Toko Obat, Ini Dia Trik dan Tips nya.

Bagi anda yang berniat akan merintis bisnis toko obat, di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk memulai usaha toko obat anda dengan hanya menggunakan modal kecil untuk bisnis UKM atau skala besar adalah membuka apotik :

1. Lengkapi izin usaha.

Tahap pertama yang harus anda lakukan dalam menjalankan usaha toko obat dengan modal kecil adalah dengan mengontak atau menghubungi lembaga kesehatan seperti departemen kesehatan di kota anda dimana anda akan berencana membuka usaha tersebut.

k 4

Hal lain yang mendukung adalah untuk memudahkan anda memperoleh ijin usaha dari lembaga tersebut maka pastikan agar toko anda memiliki legalitas secara hukum karena barang dagangan di dalamnya memegang peranan penting dalam kesehatan serta kehidupan dan keselamatan banyak orang.

2. Pelajari pasar.

Rajin – rajinlah untuk mencari informasi – informasi tentang dasar mengenai pasar toko obat atau apotik yang akan anda masuki, misalnya saja mengenai pelayanan serta produknya.

Hal ini bisa dengan mudah dilakukan yaitu dengan cara menganalisa toko – toko lainnya yang sejenis, dimana anda bisa mencarinya melalui internet. Untuk konsep penentuan harga jual, bisa anda dapatkan informasinya melalui internet juga.

3. Tentukan produk obat yang akan dijual.

Setelah anda mengetahui beberapa informasi dasar yang paling penting, maka mulailah menentukan pelayanan serta produk – produk yang akan disediakan untuk dijual dalam bisnis toko obat anda.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan para dokter untuk membuka klinik di sebelah toko obat atau lokasi lainnya yang strategis untuk melakukan bisnis bersama dengan toko obat tersebut.

4. Kembangkan jaringan.

Jalinlah hubungan dengan perusahaan – perusahaan obat lainnya hingga di seluruh Indonesia dan mancanegara karena erat kaitannya dengan barang dagangan anda berupa obat – obatan.

Jalinlah kerjasama secara langsung dengan para pengusaha obat tersebut secara profesional dimana anda akan diberikan kemudahan berupa diskon harga yang lebih murah. Dengan melakukan hal ini, diharapkan anda mampu bersaing dengan harga dan koleksi obat di toko obat lainnya.

5. Kerjasama dengan berbagai pihak.

Membuat kerjasama dengan berbagai pihak, seperti bekerja dengan berbagai macam situs – situs yang lalu – lintasnya padat, agen properti ataupun dengan pihak yang lainnya dengan perputaran aktifitas perusahaan sangat padat.

Pihak – pihak tersebut dapat anda jadikan sebagai rekan promosi toko obat yang baru dirintis.

6. Permantap rencana bisnis.

Buatlah rencana bisnis atau business plan dengan lebih detail yang isinya adalah anda bisa memulai usaha dengan dana awal anda untuk membuka usaha, mencari pekerja, obat atau barang yang akan anda jual, strategi promosi, penetuan harga, distribusi barang ataupun yang lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Buatlah rencana bisnis terebut sedetail mungkin hingga hal – hal paling kecil agar meminimalisir berbagai resiko yang kemungkinan bisa terjadi di masa yang akan datang.

Selamat mencoba !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *